judul gambar
DenpasarHeadlines

Pasien Sembuh di Denpasar Melonjak 48 Orang, 2 Lainnya Meninggal Dunia

Denpasar, LenteraEsai.id – Pasien Covid-19 yang berhasil sembuh di Kota Denpasar, hari ini melonjak drastis di angka 48 orang, sementara yang meninggal dunia tercatat 2 orang.

Untuk kasus positif Covid-19 harian dilaporkan bertambah sebanyak 29 orang, tersebar di 17 wilayah desa/kelurahan di Kota Denpasar.

“Kembali ada kabar duka. Kali ini 2 pasien Covid-19 dinyatakan meninggal dunia, kasus positif tercatat bertambah 29 orang dan pasien sembuh meningkat drastis sebanyak 48 orang,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, di Press Room Kantor Wali Kota Denpasar, Kamis (8/10) sore.

Dewa Rai merinci bahwa 17 desa/kelurahan yang mencatatkan penambahan kasus positif yakni Kelurahan Pedungan dan Kelurahan Peguyangan mencatatkan penambahan kasus tertinggi dengan 4 kasus positif baru. Disusul Desa Padangsambian Kelod yang mencatatkan penambahan kasus positif sebanyak 3 orang.

Desa Kesiman Kertalangu, Desa Sumerta Kauh, Desa Ubung Kaja dan Desa Dangin Puri Kangin mencatatkan penambahan kasus positif sebanyak 2 orang, sementara itu 10 desa/kelurahan mencatatkan penambahan masing-masing sebanyak 1 orang. Sedangkan 26 desa/kelurahan lainnya tidak mencatatkan penambahan kasus positif baru.

Untuk pasien meninggal dunia, Dewa Rai menjelaskan bahwa pasien pertama diketahui berdomisili di Kelurahan Pemecutan dengan jenis kelamin perempuan berusia 40 tahun. Pasien dinyatakan positif Covid-19 pada 1 Oktober 2020 dan dinyatakan meninggal dunia pada 6 Oktober 2020 dengan riwayat penyakit atau komorbid Diabetes Militus dan Hipertensi.

Pasien kedua diketahui berdomisili di wilayah Desa Padangsambian Kaja, yakni seorang laki-laki berusia 48 tahun, dinyatakan meninggal dunia pada 3 Oktober 2020 dengan riwayat penyakit atau komorbid Gagal Ginjal dan Hipertensi, ucapnya.

Dengan demikian, secara kumulatif perkembangan kasus Covid-19 di Kota Denpasar menunjukan angka sebagai berikut. Kasus positif tercatat sebanyak 2.688, pasien sembuh mencapai 2.388 orang (88,84 persen), meninggal dunia 60 orang (2,23 persen), dan yang masih dalam perawatan sebanyak 240 orang (8,93 ), ujarnya.

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa GTPP mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Melihat perkembangan kasus ini, Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan Covid-19 tidak semakin meluas. “Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas,” katanya, mengingatkan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id