judul gambar
DenpasarHeadlines

Ada Penambahan Kasus Positif 27 Orang di Denpasar

Denpasar, LenteraEsai.id – Di tengah penanganan Covid-19 di Kota Denpasar yang berjalan secara maksimal, perkembangan atas merebaknya kasus ini pun berjalan secara fluktuatif.

Penambahan kasus positif dan kasus sembuh masih terjadi. Pada Senin (5/10/2020) dilaporkan adanya penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 27 orang yang tersebar di 18 wilayah desa/kelurahan. Kasus sembuh juga dilaporkan bertambah sebanyak 9 orang dan 1 orang pasien yang sempat menjalani perawatan dilaporkan meninggal dunia.

“Kembali kabar duka, 1 orang pasien Covid-19 dinyatakan meninggal dunia, kasus positif tercatat bertambah sebanyak 27 orang dan kasus sembuh bertambah 9 orang. Kami tetap mengajak seluruh masyarakat selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, mengingat kasus Covid-19 masih terjadi penularan,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, di Press Room Kantor Wali Kota Denpasar, Senin (5/10/2020).

Dewa Rai merinci bahwa 18 desa/kelurahan yang mencatatkan penambahan kasus positif yakni Desa Padangsambian Kelod mencatatkan penambahan kasus tertinggi dengan 3 kasus positif baru. Disusul Kelurahan Pedungan, Kelurahan Kesiman, Desa Kesiman Kertalangu, Desa Padangsambian Kaja, Kelurahan Tonja, Desa Pemecutan Kelod dan Kelurahan Peguyangan yang mencatatkan penambahan kasus positif sebanyak 2 orang.

Sementara itu, 8 desa/kelurahan mencatatkan penambahan masing-masing sebanyak 1 orang. Sedangkan, sebanyak 24 desa/kelurahan lainnya tidak mencatatkan penambahan kasus positif baru.

Untuk pasien meninggal dunia, Dewa Rai menjelaskan bahwa pasien diketahui berdomisili di Desa Padangsambian Kaja, berjenis kelamin laki-laki berusia 41 tahun. Pasien mulai menjalani perawatan pada 11 Septenber 2020 dan dinyatakan meninggal dunia pada 28 September 2020.

Dikatakan Dewa Rai, angka kasus positif Covid-19 dan kesembuhan di Kota Denpasar dalam seminggu berlangsung fluktuatif. Oleh karena itu, pihaknya berharap kewaspadaan dan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan di masyarakat, mulai dari cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak tetap ditingkatkan.

“Mari bersama-sama lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua klaster yakni klaster keluarga dan perjalanan dalam daerah masih mendominasi. Hal ini mengingat arus mobilitas di Denpasar sangat tinggi, di samping juga ada klaster upacara keagamaan dan klaster perkantoran,” ujar Dewa Rai

Melihat perkembangan kasus ini Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan Covid-19 tidak semakin meluas. “Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas,” kata Dewa Rai.

Secara kumulatif kasus positif di Kota Denpasar kini tercatat 2.592 kasus,  pasien sembuh mencapai 2.290 orang (88,39 persen), meninggal dunia 53 orang (2,04 persen), dan yang masih dalam perawatan sebanyak 249 orang (9,57 ), ucapnya.  (LE-DP)

Lenteraesai.id