judul gambar
HeadlinesTabanan

Olah Talas Kimpul Tabanan Jadi Mie Sehat, Dosen FTP Unud Gelar Pelatihan

Tabanan, LenteraEsai.id – Dosen Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (FTP Unud) memberikan pelatihan pengolahan talas kimpul menjadi mie sehat kaya serat dan kaya antioksidan lewat pengabdian kepada masyarakat guna mengoptimalkan potensi lokal Desa Sanda Pupuan Tabanan, pada Selasa (5/7).

Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan oleh tim dari Program Studi Teknologi Pangan FTP Unud yaitu Prof Dr Ir I Nengah Kencana Putra MS, AA Istri Sri Wiadnyani STP MSc, Dr Ir I Dewa Gde Mayun Permana MS, dan Dr Gusti Ayu Kadek Diah Puspawati STP MSi, I Gede Arie Mahendra Putra STP MTP, Putu Supartini dan Eva Nisaul Mufida.

Kegiatan pengabdian yang diikuti oleh ibu-ibu KWT Srikandi Desa Sanda Pupuan Tabanan ini merupakan salah satu kegiatan untuk mengoptimalkan potensi lokal yang terdapat di Desa Sanda yaitu Talas Kimpul yang diolah menjadi mie sehat kaya serat dan antioksidan.

Mie sehat diproduksi tanpa menggunakan tepung terigu serta ditambahkan pewarna alami yang berasal dari ekstrak wortel dan buah bit, sehingga seluruh bahan yang digunakan merupakan bahan lokal yang dioptimalkan menjadi sebuah produk guna mendukung ketahanan pangan. Selain itu, diberikan juga bantuan berupa pasta maker dan alat sealer kepada KWT Srikandi Desa Sanda Pupuan sebagai salah satu fasilitas yang dapat mendukung dalam proses pembuatan mie sehat.

Salah satu perwakilan dari tim pengabdian AA Istri Sri Wiadnyani STP MSc mengatakan bahwa pelatihan ini betujuan untuk mengoptimalkan pengolahan Talas Kimpul menjadi potensi lokal Desa Sanda Pupuan Tabanan.

“Produk yang dihasilkan juga dapat mendukung program ketahanan pangan dikarenakan dalam proses pembuatannya tidak menggunakan tepung terigu, melainkan hanya memanfaatkan potensi lokal yang ada,” ungkap Sri.

Ia berharap dengan adanya pelatihan dan bantuan berupa alat, KWT Srikandi dapat mengoptimalkan pengolahan potensi Talas Kimpul yang cukup banyak terdapat di Desa Sanda. (LE-TB) 

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id