DenpasarHeadlines

Empat Lumba-lumba Mendadak Terdampar di Pantai Padanggalak

Denpasar, LenteraEsai.id – Bersamaan dengan munculnya alunan ombak yang cukup besar,empat ekor lumba-lumba tiba-tiba terdampar di pinggiran Pantai Padanggalak, Kota Denpasar, Bali pada Kamis (13/1) pagi.

Menurut saksi mata, awalnya hanya dua ekor yang menepi ke kawasan pantai, namun tak lama kemudian menyusul dua ekor lainnya. Melihat itu, warga melapor kepada pihak tim penyelamat pantai, Balawista yang ada di daerah setempat.

Akhirnya, tim Balawista, BKSDA, Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar serta BPBD Kota Denpasar, dibantu relawan dan nelayan setempat, ramai-ramai berjibaku mengembalikan mamalia itu ke laut lepas.

“Berdasarkan pemantauan di lapangan tadi pagi dua ekor sudah ada di tepi pantai. Saat kita dorong ke lautan, ada nambah lagi, jadi total ada empat ekor,” ujar Kalaksa BPBD Kota Denpasar IB Joni Ariwibawa, di tempat kejadian.

Ia menyebukan, cukup sulit untuk dapat mengembalikan lumba-lumba yang terdampar itu kembali ke habitatnya di tengah laut. Sejumlah relawan yang turun tangan, cukup dibuat kewalahan. Upaya mendorong lumba-lumba tersebut ke lautan membutuhkan waktu yang tak sebentar.

Masalahnya, berkali-kali binatang itu didorong ke tengah laut, sekian kali juga kembali terdampar di tepi pantai. “Ya..Berkali-kali kita dorong, tapi kembali lagi,” ujarnya, penuh semangat.

Namun, lanjut Joni Arimbawa, berkat kegigihan tim gabungan yang terjun ke tempat kejadian, akhirnya keempat ekor lumba-lumba berhasil dikembalikan ke habitannya di tengah hamparan laut yang membiru.

Para relawan kini terus memantau situasi Pantai Padanggalak. Hal ini dilakukan sebagai langkah siaga, apabila ada lumba-lumba yang kembali terdampar, dengan cepat dapat dilaksanakan tindakan penyelamatan.

Petugas menduga lumba-lumba tersebut terdampar ke pinggiran pantai sebagai dampak dari timbulnya cuaca buruk dan gelombang tinggi belakangan ini, sehingga membuat satwa di perairan menjadi kehilangan arah.  (LE-DP)

Lenteraesai.id