judul gambar
AdvertorialBulelengHeadlines

Ny Putri Koster Edukasi Perajin Tenun untuk Jual Produk Berkualitas dengan Harga Pantas

Buleleng, LenteraEsai.id – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster turun memberi edukasi kepada sejumlah perajin tenun di wilayah Kabupaten Buleleng, Kamis (13/1/2022).

Dalam kunjungan lapangan kali itu, Ny Putri Koster meninjau Pertenunan Artha Dharma yang beralamat di Jalan Raya Sinabun, Singaraja. Kedatangan Ny Putri Koster disambut I Ketut Rajin selaku pemilik pertenunan yang langsung menjelaskan sejumlah produk unggulannya.

Ketut Rajin menyebutkan, ciri khas Pertenunan Artha Dharma adalah perpaduan songket dan endek dengan pewarnaan alami. Selain hasil produksi berupa kain untuk kamen dan baju, Pertenunan Artha Dharma juga memproduksi tas berbahan kain endek dan songket serta souvenir berupa kotak tisu.

Ny Putri Koster nampak sangat antusias melihat-lihat hasil produksi di galeri pertenunan ini. Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas usaha yang ditekuni Ketut Rajin. Sebab selain memiliki nilai ekonomi, usaha ini juga berkaitan dengan tanggung jawab pelestarian tenun tradisional Bali. “Ini karya yang luar biasa, saya berterima kasih sekali,” ucapnya.

Namun demikian, pendamping orang nomor satu di Bali ini mengingatkan agar pemilik Pertenunan Artha Dharma menjual hasil produksi dengan harga yang pantas. Anjuran itu ditujukan pula bagi pelaku usaha tenun lainnya. Ia menyarankan, perajin tidak mencari keuntungan terlalu banyak dengan menetapkan harga yang terlalu mahal.

“Coba kalkulasi berapa biaya produksi, lalu tetapkan harga jual dengan persentase keuntungan agar harga jual tak terlalu mencekik konsumen. Misalnya patok keuntungan 30 persen dari biaya produksi, jangan mencari untung hingga 100 bahkan sampai 300 persen. Coba cari harga yang pantas,” ucapnya, menekankan.

Dengan demikian, lanjut dia, konsumen tidak merasa kaget dan cenderung takut untuk membeli produk tenun ketika melihat label harga yang cukup mahal.

Sebagai Ketua Dekranasda Bali, ia memandang perlu melakukan edukasi terkait penetapan harga jual, mengingat dewasa ini konsumen sudah melek dan tak bisa lagi dibodohi. Seluruh perajin diharapkan memahami hal itu agar usaha tetap bisa berkembang. “Kalau harganya pantas, pasti banyak yang beli. Modal juga cepat berputar,” tandasnya.

Pada bagian lain, perempuan yang dikenal multitalenta ini kembali mengingatkan tanggung jawab pelestarian yang harus diemban oleh para perajin. Oleh sebab itu, ia minta para perajin tetap mempertahankan alat tenun cagcag sebagai warisan leluhur.

Agar keberadaannya tidak punah, Ny Putri Koster berencana mengadakan lomba menenun menggunakan alat tenun tradisional ini. “Saya selalu menjelaskan kepada tamu dari luar bahwa tenun sambungan itu adalah hasil cagcag dan itu kualitasnya paling baik. Mereka kan kadang protes, kenapa tenunnya sambungan. Kita harus bisa menjelaskan kalau itu hasil dari tenun yang menggunakan alat cagcag dan itu istimewa,” ucapnya, menjelaskan.

Dalam kunjungannya, Ny Putri Koster juga sempat melihat para pekerja yang sedang menenun kain songket dan endek. Ia berharap, ke depannya ada regenerasi penenun agar keberadaan kain tenun tradisional Bali tak terancam punah. Selain itu, ia juga menggugah minat kaum laki-laki untuk menekuni pekerjaan menenun.  (LE-BL1)

Lenteraesai.id