DenpasarHeadlines

Muncar dan Kuta-Bali Diguncang Gempa, Benda Digantung Bergoyang-goyang

Denpasar, LenteraEsai.id – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur dan Kuta, Kabupaten Badung, Bali pada Kamis siang, 1 April 2021 pukul 13.00.52 Wita.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,8. Adapun episenter gempa terletak pada koordinat 8,89 LS dan 113,53 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km baratdaya Jember, Jawa Timur pada kedalaman 48 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, guncangan yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi, demikian dilaporkan Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Agus Wahyu Rahardjo SP melalui siaran rilis pada media massa.

Mengenai dampak gempa bumi, Agus menyebutkan, berdasarkan laporan dari masyarakat dikatakan bahwa guncangan dirasakan di daerah Muncar Banyuwangi dan Kuta Badung sebesar II MMI, yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang-goyang.

Hingga pukul 13:35 Wita, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Kepada masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg, kata Agus, menjelaskan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id