judul gambar
HeadlinesPariwisata

KUI Unud Gelar ‘2nd International Education & Culture Festival’ di Denpasar

Denpasar, LenteraEsai.id – Kantor Urusan International Universitas Udayana (KUI Unud) menyelenggarakan kegiatan ‘2nd International Education & Culture Festival’ dengan mengusung tema ‘Study Abroad Seminar and Education Exhibition’ yang dilangsungkan pada 5-6 Desember 2022.

Kegiatan ini dihadiri ribuan mahasiswa yang datang berduyun-duyun ke acara yang berlangsung di Ruang Nusantara, Gedung Agrokompleks, Kampus Universitas Udayana Jalan PB Sudirman Denpasar, yang antusias ingin mendapatkan informasi detil tentang tantangan dan peluang belajar di luar negeri.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Unud Prof Dr dr I Putu Gede Adiatmika MKes yang mewakili Rektor Unud. Pada kesempatan ini, Prof Gede Adiatmika menyatakan bahwa kegiatan diselenggarakan KUI yang berkolaborasi dengan sejumlah partner, antara lain Australian Consulate General, Consulate General of Japan Consulate General of India, Education Malaysia Indonesia Embassy of Malaysia, Jakarta International Korea Culture and Study, British Council, Tourism Confucius Institute (TCI) Udayana University, Naresy International Education Consultant (NIEC), dan Indonesia Britain Education Centre (IBEC).

“Belajar di luar negeri adalah impian sebagian besar siswa. Namun, pengetahuan tentang cara bisa belajar di luar negeri kadang masih terbatas, sehingga dengan penyelenggaraan acara seperti ini siswa akan mendapatkan informasi untuk beasiswa dan peluang belajar di luar negeri. Karenanya, kegiatan ini menjadi sangat menarik dan ditunggu-tunggu siswa,” ujar Prof Gede Adiatmika.

Dia menjelaskan, siswa yang hendak belajar di luar negeri mesti mendapatkan bekal pengetahuan supaya dapat beradaptasi di negara tujuan belajar. Hal ini dikarenakan ada perbedaan lingkungan, bahasa, dan budaya dari daerah asal dengan negara tempat belajar, sehingga siswa harus diberi pembekalan pengetahuan supaya dapat beradaptasi dengan baik.

“Saya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini, dapat memberikan edukasi tentang pemahaman dan pengetahuan tentang tantangan dan peluang untuk belajar di negeri orang,” kata Prof Gede Adiatmika, menjelaskan.

Sementara itu, Koordinator Kantor Urusan Internasional (KUI) Unud Dr Eng Ni Nyoman Pujianiki menyatakan kegiatan kali ini merupakan event kedua yang adalah agenda tahunan yang diadakan KUI Unud. “Acara ini digelar sebagai langkah untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan target menjangkau lebih dari 1.000 siswa untuk hadir, supaya informasi tentang belajar di luar negeri dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens yang lebih luas,” ujar Dr Eng Ni Nyoman Pujianiki.

Target siswa sebanyak itu, lanjut Dr Eng Ni Nyoman Pujianiki, berasal dari mahasiwa Universitas Udayana, serta lulusan sekolah menengah atas dari Denpasar dan Badung. “Dengan diadakan acara ini, moga dapat berkontribusi positif terhadap dunia pendidikan, serta tentu saja memberikan informasi yang benar tentang studi di luar negeri. Apabila ada pertanyaan atau ingin informasi yang lebih rinci, bisa mendatangi sejumlah booth yang tersedia untuk mendapatkan kejelasan mengenai informasi belajar di negeri orang tersebut,” kata Dr Eng Ni Nyoman Pujianiki, menandaskan. (LE-DP)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id