DenpasarHeadlines

Peringati Hari Pramuka ke-61, Sekda Denpasar Sematkan Penghargaan Pancawarsa

Denpasar, LenteraEsai.id – Dalam rangkaian memperingati Hari Pramuka ke-61, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Denpasar melaksanakan upacara bendera di Lapangan Lumintang Kota Denpasar, pada Jumat (26/8).

Pada kesempatan ini, Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana bertindak sebagai pembina upacara yang dihadiri oleh seluruh pengurus Pramuka Kwarcab Kota Denpasar, Kwartir Ranting se-Kota Denpasar, para Andalan dan anggota Pramuka mulai Tingkat Siaga, Penggalang, Penegak hingga Pandega.

Hadir juga seluruh anggota Pramuka peserta Jambore Nasional XI Kontingen Kwartir Cabang Denpasar yang baru saja usai mengikuti kegiatan Jambore Nasional di Cibubur Jakarta.

Prosesi upacara yang berlangsung hikmat dan tetap tertib prokes ini mengusung tema ‘Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’, yakni memiliki makna tekad terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.

Dalam sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso yang dibacakan oleh Sekda IB Alit Wiradana mengatakan, pengabdian yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka adalah bagian pendidikan dari Pramuka. “Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, dan siap membatu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” katanya.

Usai upacara ini juga dilanjutkan dengan pemberian penghargaan Pancawarsa kepada jajaran Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Denpasar, serta penyerahan piala kepada pemenang Lomba Keterampilan Pramuka yang meliputi Lomba Mewarnai untuk Golongan Siaga, Lomba Pionering Kreatif untuk Golongan Penggalang Putra, Lomba Canang Sari Golongan Penggalang Putri, dan serangkaian lomba lainnya.

Beberapa pengurus Pramuka yang menerima penghargaan Satya Lencana Pancawarsa di antaranya I Gusti Lanang Jelantik, Putu Kusumawati, dan Dewa Gede Rai.

Di sela acara pemberian penghargaan dan piala, IB Alit Wiradana menyampaikan apresiasi dan bangga atas prestasi yang diraih oleh Pramuka Denpasar dan antusiasme seluruh peserta upacara.

“Kami berharap, di Hari Pramuka yang kita peringati sekarang, bukan hanya menjadi sebuah agenda rutin tahunan, namun membawa semangat dan mengingatkan kembali komitmen pengabdian kita sesuai dengan Kode Kehormatan Gerakan Pramuka, Dwi Satya, Dwi Darma, Tri Satya, serta Dasa Darma,” ujarnya.  (LE-DP)

Lenteraesai.id