judul gambar
DenpasarHeadlines

Fakultas Pertanian Unud Terima Sosialisasi Program Wirausaha Merdeka Bagi Mahasiswa

Denpasar, LenteraEsai.id – Fakultas Pertanian Universitas Udayana (FP Unud) menerima sosialisasi Wirausaha Merdeka (WMK) yang berlangsung secara offline di Gedung Agrokompleks Kampus Sudirman Denpasar, pada Selasa (16/8).

Sosialisasi dihadiri oleh Dekan Fakultas Pertanian, Wakil Dekan 3, Koordinator Program MBKM Unud Dr Ir Ketut Sardiana MP, dan para Pembimbing Fakultas Pertanian Tahun 2020. Sosialisasi ini merupakan rangkaian pelaksanaan Program WMK tahun 2022 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek). Di mana telah diumumkan tujuh belas (17) perguruan tinggi pelaksana Program WMK tahun 2022, salah satunya adalah Universitas Udayana.

Dekan FP Unud Prof Dr Ir I Nyoman Gede Ustriyana MM dalam arahannya menyampaikan harapannya agar banyak mahasiswa pertanian yang tertarik mengikuti program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Salah satu program MBKM yang saat ini mulai disosialisasikan oleh Unud adalah Wirausaha Merdeka.

Dijelaskannya bahwa program WMK ini dilaksanakan sebagai wadah memfasilitasi dan akselerator bagi mahasiswa yang memiliki minat dan potensi di bidang wirausaha. “Untuk itu acara sosialisasi hari ini diminta bantuannya kepada para pembimbing akademik khususnya mahasiswa semester pada 5 tahun ini, supaya menyosialisasikan Wirausaha Merdeka ini ke mahasiswa bimbingannya dan mereka banyak yang tertarik mengikuti program Wirausaha Merdeka,” ungkap Dekan.

Dr Ir Ketut Sardiana MP sebagai Koordinator MBKM Universitas Udayana dalam sosialisasi kali ini juga mengharapkan para pembimbing akademik bisa ikut menyosilisasikan program Wirausaha Merdeka kepada mahasiswa didiknya dan siap membantu setiap saat bagi mahasiswa-mahasiswa Unud yang tertarik ikut Program MBKM khususnya Wirausaha Merdeka ini jika ditemukan ada masalah yang tidak dipahami.

Untuk diketahui, Wirausaha Merdeka adalah program dari MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausaha melalui aktivitas di luar kelas. Program Wirausaha Merdeka ini mengajak para mahasiswa untuk berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Pelaksana mengembangkan pembelajaran wirausaha yang mampu mengasah jiwa kewirusahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa.

Program Wirausaha Merdeka ini menyediakan kuota sebanyak 750 peserta (450 mhs Unud dan 300 mhs di luar Unud), 75 DPL, 35 konsultan ahli kewirausahaan dan 35 UKM tempat magang. (LE-DP)

Sumber: www.unud.ac.id

Lenteraesai.id