HeadlinesTabanan

Terima Obat-obatan, Kodim 1619/Tabanan Siapkan Isolasi Terpusat Bagi Warga Positif Covid-19

Tabanan, LenteraEsai.id – Kodim 1619/Tabanan, Bali telah menerima bantuan dari komando atas berupa 40 boks obat-obatan dan 25.200 pcs masker untuk dibagikan kepada masyarakat di masa PPKM Darurat Jawa-Bali guna menekan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang akhir-akhir ini mengalami peningkatan.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya TNI dalam menekan penyebaran Covid 19 di wilayah Kodam IX/Udayana, termasuk pada lingkup tugas Kodim 1619/Tabanan.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Ferry Adianto SIP mengatakan hal itu saat meninjau pelaksanaan isolasi terpusat bagi warga positif Covid-19, di Mess Diklat Kwarda Bali di Banjar Kelaci, Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan pada Minggu (18/7/2021).
.
Selain telah menerima obat-obatan dan membagikan masker kepada masyarakat secara gratis, Kodim 1619/Tabanan juga menyiapkan isolasi terpusat kepada masyarakat Tabanan yang belakangan ini melaksanakan isolasi secara mandiri.

Di samping itu jajaran Kodim 1619/Tabanan juga secara rutin dan terjadwal bersinergi dengan Polri dan instansi terkait di wilayah Kabupaten Tabanan melaksanakan Operasi Patroli Gabungan Pendisiplinan dan Penegakan hukum prokes pelaksanaan PPKM Darurat, dan juga melaksanakan penyekatan, ucapnya.

Penyekatan dilakukan di beberapa ruas jalan untuk mencegah kerumunan dan memeriksa surat dan kelengkapan pengguna jalan yang harus dilengkapi di masa PPKM Darurat Jawa-Bali bila masuk ke wilayah Kabupaten Tabanan.

Semua upaya TNI Kodim 1619/Tabanan tersebut tidak terlepas dari hasil koordinasi dan komunikasi dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Tabanan, termasuk dalam menyiapkan tempat isolasi terpusat, kelengkapan fasilitas medis dan pengerahan tenaga kesehatan guna mendukung isolasi tersebut, ujar Dandim.

Dikatakan, isolasi terpusat yang saat ini disiapkan oleh Kodim 1619/Tabanan bersama pemerintah daerah, berlokasi di Mess Dik Kwarda Bali yang diperuntukan kepada masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk mengurangi resiko penyebaran dan menekan angka kasus suspect Covid-19 di wilayah Kabupaten Tabanan.

Mess Dik Kwarda Bali di Banjar Kelaci, Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga itu berkapasitas menampung 36 orang yang melaksanakan isolasi terpusat dan akan disiapkan lagi di tempat lain termasuk hotel serta penginapan untuk menampung warga yang melaksanakan isolasi terpusat selanjutnya, kata Dandim.

Menutut Dandim, penyiapan isolasi terpusat merupakan arahan dari Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak MSc kepada jajaran di bawahnya, termasuk Kodim 1619/Tabanan.

Saat ini warga yang terkonfirmasi positif covid-19 di wilayah Kabupaten Tabanan diarahkan agar mendukung pelaksanaan isolasi terpusat yang dilakukan di Mess Dik Kwarda Bali di Marga.

“Untuk masyarakat yang saat ini masih melaksanakan isolasi mandiri agar bersedia memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat yang kita siapkan guna mendukung kebijakan pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tabanan,” ujarnya, menjelaskan.  ( LE-TB)

Lenteraesai.id