judul gambar
AdvertorialHeadlinesTabanan

Ketua TP PKK Bali Bantu Balita Kurang Gizi dan Ibu Hamil di Desa Tista Kerambitan

Tabanan, LenteraEsai.id – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster menyerahkan bantuan kepada 20 balita kurang gizi dan 10 ibu hamil di Desa Tista, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Rabu (10/3/2021).

Penyerahan bantuan yang dipusatkan di Balai Pertemuan Desa Tista itu dilaksanakan serangkaian memperingati Hari Jadi ke-49 PKK Tahun 2021. Selain menerima bantuan berupa susu, beras dan masker dari TP PKK Bali, mereka juga memperoleh bingkisan berisi makanan sehat dari Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (PD IBI) Provinsi Bali.

Ny Putri Koster dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagia karena dapat turun menyapa anak-anak dan ibu hamil di tengah situasi pandemi. Ia berharap, bantuan yang diterima tak dilihat dari jumlahnya, namun lebih pada bentuk kepedulian TP PKK Provinsi Bali. Dia menyebutkan, keberadaan balita dan ibu hamil memang menjadi salah satu kelompok yang mendapat perhatian di tengah situasi pandemi.

Menurutnya, balita adalah masa emas yang harus dijaga dan mendapat penanganan khusus. “Kalau lengah, kita akan kehilangan generasi yang sehat jiwa dan raga di masa yang akan datang. Di sinilah, tanggung jawab orang tua khususnya seorang ibu sangat dibutuhkan,” ucapnya.

Selain balita, ibu hamil juga merupakan kelompok yang membutuhkan atensi khusus di tengah pandemi. Menyitir pendapat para ahli kesehatan, ia mengatakan bahwa saat hamil seorang wanita memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah dari biasanya. Oleh sebab itu, perempuan yang dikenal sebagai seniman multitalenta ini mengingatkan para ibu hamil untuk ekstra hati-hati di tengah pandemi.

“Terapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama penggunan masker saat berinteraksi dengan orang lain. Demikian pula para suami, sampai di rumah jangan langsung peluk cium. Bersihkan diri terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengan istri yang lagi hamil,” ujar Ny Putri Koster, mengingatkan.

Dikatakan, hal tersebut sangat penting diperhatikan karena paparan Covid-19 akan sangat berisiko pada ibu hamil. Risiko itu antara lain kelahiran prematur yang bisa mengancam keselamatan ibu dan bayinya. Mengingat besarnya risiko bagi bumil di tengah pandemi, istri orang nomor satu di Bali ini kembali mengingatkan pasutri sebaiknya menunda dulu keinginan memiliki momongan.

“Tapi kalau yang sudah terlanjur hamil, harus betul-betul dijaga. Ikuti anjuran pemerintah, jangan maboya,” ujarnya, berpesan.

Pada bagian lain, Ny Putri Koster menyampaikan bahwa dalam kunjungan ke kabupaten/kota untuk menyalurkan bantuan kepada balita kurang gizi dan ibu hamil, TP PKK Bali bersinergi dengan PD IBI Daerah Bali. Ia berharap, ke depannya sinergi bisa lebih diperluas dengan lembaga dan organisasi lainnya.

Ketua PD IBI Privinsi Bali Putu Sukarini mengaku bangga karena organisasi yang dipimpinnya dilibatkan dalam kegiatan penyaluran bantuan bagi balita kurang gizi dan ibu hamil. Sependapat dengan Ny Putri Koster, Sukarini menyebut pentingnya perhatian bagi balita dan ibu hamil. “Seorang ibu yang sehat selama kehamilan akan melahirkan generasi yang unggul, demikian sebaliknya,” ucap Sukarini.

Sementara itu, Camat Kerambitan I Gusti Made Darma Ariantha menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan TP PKK Bali kepada warganya. Ia berharap, kehadiran Ny Putri Koster dapat menginspirasi masyarakat Kerambitan untuk hidup sehat dan lebih disiplin dalam menerapkan prokes agar terhindar dari paparan Covid-19.  (LE-TB1)

Lenteraesai.id