AdvertorialDenpasarHeadlines

Ny Putri Koster Ajak Anggota WHDI untuk Berkreasi dan Berinovasi di Tengah Pandemi

Denpasar, LenteraEsai.id – Ny Putri Suastini Koster selaku Pembina Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Provinsi Bali mengajak anggota WHDI seluruh Indonesia untuk tidak berhenti berkreasi dan berinovasi, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia selama setahun terakhir ini.

Hal tersebut dikatakan Ny Putri Koster saat memberikan sambutan pada acara puncak HUT  XXXIII WHDI Tahun 2021 yang dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) dari Gedung Gajah, Kediaman Resmi Gubernur Bali Jayasabha, Denpasar, Minggu (28/2).

Menurut pendamping orang nomor satu di Bali itu, peran wanita dalam kehidupan domestik sangat penting, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini. “Wanita atau ibu harus menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan keluarga. Melalui pikiran dan jemarinya, wanita harus bisa memastikan kesehatan keluarga sekaligus keadaan ekonomi keluarga tetap stabil,” bebernya dalam kesempatan yang turut juga dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jayanegara serta Ketua Panitia Perayaan HUT WHDI Ny Sagung Antari Jaya Negara.

Pada acara yang dipusatkan di Gedung Sewaka Mahottama, Graha Sewaka Dharma Denpasar, Ny Putri Koster juga menekankan pentingnya kreasi dan inovasi yang dilakukan oleh para wanita sesuai dengan tema HUT kali ini ‘Tingkatkan Kreasi Inovasi Ekonomi Kreatif agar Bangsa Indonesia Selamat dari Ancaman Pandemi Covid-19’. “Bayangkan, di tengah keterpurukan ekonomi seperti sekarang ini, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian. Jika kita berdiam diri terus apalagi hanya bisa menuntut ke suami, malah akan membuat runyam suasana,” ujarnya seraya menyatakan bahwa di tengah kesulitan seperti ini KDRT bisa saja semakin meningkat.

Untuk itu, menurutnya, para wanita harus bisa tampil di tengah kesulitan, membantu suami yang merupakan tulang punggung keluarga untuk bangkit. Selalu berada di samping suami bahkan ikut mendorong dari belakang, sehingga bisa memperbaiki keadaan. “Industri kreatif kita juga sekarang banyak digeluti oleh para perempuan. Itu bukti bahwa perempuan bisa tampil apalagi di tengah kesulitan,” imbuhnya.

Selain itu, seniman serba bisa ini juga berharap agar anggota WHDI bisa ikut menyukseskan serta mensosialisasikan program-program pemerintah. “Seperti saat ini, kita harus turut tampil mengedukasi keluarga dan masyarakat sekitar imbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19,” katanya seraya menyebut pentingnya mensosialisasikan serta mengimplementasikan gerakan 6M dan 3T.

Ny Putri Koster juga berpesan bahwa di balik musibah akan selalu ada hikmah untuk dipetik. “Pandemi ini sekali lagi memaksa kita untuk keluar dari zona nyaman, memaksa kita untuk berinovasi mencari peluang-peluang menyelamatkan ekonomi keluarga. Saya harap anggota WHDI juga bisa mengambil serta memanfaatkan kesempatan tersebut,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri PPPA Gst Ayu Bintang Puspayoga yang berpesan agar para perempuan terutama anggota WHDI dapat meningkatkan kreativitas di tengah pandemi. Menurutnya, di tengah isu kesetaraan gender, perempuan selalu bisa tampil dan menjadi penyelamat terutama untuk anggota keluarganya. “Tidak hanya di Bali, peranan perempuan di seluruh Indonesia selalu mampu melindungi keluarga terutama di tengah kesulitan seperti sekarang ini,” ucapnya.

Ia juga mengapresiasi langkah-langkah Pemprov Bali dalam menanggulangi penyebaran Covid-19. Menurutnya, hal tersebut sudah sangat tepat sehingga penyebaran di Bali cukup terkendali. Ia menyatakan sangat setuju dengan ajakan Ny Putri Koster agar para perempuan terutama anggota WHDI bisa mengajak keluarga serta masyarakat sekitar mengikuti imbauan dan anjuran pemerintah. “Karena memang untuk keluar dari pandemi ini adalah kesadaran kita bersama menerapkan protokol kesehatan selain 3T dan vaksin tentunya. Untuk itu ayo kita terus sosialisasikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menyambut baik serta mengucapkan selamat atas perayaan HUT WHDI yang dipusatkan di Kota Denpasar. Ia mengajak WHDI untuk terus bersinergi dengan Pemkot Denpasar dalam menyukseskan program-program pemerintah serta untuk bisa keluar dari pandemi ini. Apalagi, ia menambahkan, tema HUT kali ini mengangkat tentang inovasi dan ekonomi kreatif yang mana sangat sejalan dengan program Pemkot yang memang ingin terus memajukan perekonomian kreatif warganya.

Sebelumnya, ketua panitia sekaligus pendamping Wali Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara melaporkan, berbagai kegiatan dilakukan oleh WHDI untuk menyambut HUT 2021, seperti pelatihan pemanfaatan limbah tanaman menjadi bunga, yoga virtual yaitu pranayama dan meditasi untuk meningkatkan imun tubuh, serta pelatihan tata rias sanggul Bali. Selain itu, juga diadakan bakti sosial melalui kunjungan ke panti asuhan dan wanita penerima di Kota Denpasar, serta kegiatan donor darah dan sembahyang bersama dalam rangka memperingati HUT ke-33 WHDI. (LE-DP1)

Lenteraesai.id