AdvertorialDenpasarHeadlines

Wagub Bali Harap Lomba Orasi Pemuda Mampu Ungkapkan Pendapat tanpa Melupakan Substansi

Denpasar, LenteraEsai.id – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) mengajak para pemuda khususnya yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) untuk terus berkontribusi terhadap Indonesia khususnya Bali. Menurutnya, dengan berani mengeluarkan pendapat atau saran bagi pemerintah, merupakan salah satu kontribusi nyata untuk pembangunan.

“Namun perlu diingat, dalam mengeluarkan pendapat harus sesuai substansi dan fakta, agar tidak berujung menjadi kabar bohong atau hoax,” ujar Wagub Cok Ace, mengingatkan.

Wagub menyampaikan hal tersebut saat membuka Lomba Orasi Pemuda yang dilaksanakan KNPI Provinsi Bali dengan tema ‘Membentuk Karakter Pemuda Pancasilais yang Inovatif di Tengah Krisis’, bertempat di Gedung Darma Negara Alaya (DNA) Kota Denpasar, Senin (1/2).

Menurutnya, orasi itu adalah bentuk dari komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dengan baik dan benar. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, segala informasi, pendapat dan buah pikiran banyak dihasilkan dan bertebaran di media sosial. Akan tetapi, tidak sedikit dari itu mengandung informasi hoax. “Di sini salah satu tugas para pemuda yang berkarakter pancasilais untuk berani mengemukakan pendapat bahkan meluruskan informasi seperti itu,” ucapnya pada acara yang turut juga dihadiri oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Bali I Made Rentin.

Tokoh Puri Ubud ini mengakui bahwa kondisi yang berlangsung selama setahun ini tentu telah membuat jenuh masyarakat, sehingga gampang tersulut emosi dan mempercayai hoax. Ia mengatakan, Pemprov Bali telah berupaya menanggulangi kondisi ini. Menurutnya, Gubernur Bali telah membentuk Satgas Penanggulangan Covid-19 yang diketuai olehnya langsung, serta Tim Pemulihan Ekonomi yang diketuai oleh Wakil Gubernur.

“Ibaratnya Bapak Gubernur adalah rem agar jumlah kasus positif Covid-19 menurun, dan saya adalah gas agar perekonomian tetap jalan. Keduanya berjalan beriringan agar kesehatan masyarakat terjaga dan ekonomi tidak semakin terpuruk,” ucapnya.

Di lain sisi, ia juga mengapresiasi terselenggaranya acara ini, karena menurutnya bisa melahirkan bibit-bibit pemuda yang kritis dan serta calon pemimpin di masa depan. “Melalui lomba ini, saya sudah sangat tidak sabar menyambut para pemuda penerus bangsa yang inovatif, kritis, berwawasan, serta berbhineka. Selamat berlomba, apapun hasilnya kalian semua adalah pemuda harapan Indoenesia, khususnya Bali,” kata Wagub, menandaskan.

Sementara Ketua KNPI Bali Nyoman Gde Antaguna dalam sambutannya mengajak seluruh anggota KNPI serta para pemuda untuk terus menyalurkan kreativitasnya meskipun di tengah pandemi Covid-19. Ia mengatakan jangan sampai Covid-19 menyurutkan inovasi masyarakat terutama anak muda. Namun demikian, kata dia, hendaknya seluruh warga selalu ingat akan protokol kesehatan (prokes).

Selain itu, ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung acara ini. Gde Antaguna mengajak semua pemuda untuk terus berkontribusi, karena sekecil apapun kontribusi itu akan berguna bagi bangsa daripada tidak sama sekali.

“Kita pemuda Indonesia perlu bersatu dan berkontribusi untuk Indonesia,” ujarnya, menegaskan.

I Putu Wibawa Septiawan, selaku ketua panitia kegiatan melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan insan muda yang berpikir kritis dan mampu mengemukakan pendapat, melahirkan para orator muda yang berkualitas, menjadi penggerak pembangunan daeran dan nasional serta memperkenalkan keberadaan KNPI di tengah masyarakat.

Peserta loma kali ini adalah para pemuda/pemudi yang berusia 16-21 tahun dari seluruh Bali. “Para peserta memperebutkan juara 1, 2, 3 dan juara favorit dengan hadiah piala, piagam dan sejumlah uang tunai,” ucap Wibawa Septiawan.  (LE-DP1)

Lenteraesai.id