judul gambar
HeadlinesLentera NTB

Lombok Utara Diguncang Gempa Tektonik Berkekuatan 4,9 SR

Lombok Utara, LenteraEsai.id – Kawasan Lombok Utara diguncang gempa bumi tektonik pada hari Senin tanggal 11 Januari 2021 pukul 06:40:15 Wita. Berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,9 SR.

Episenter gempat terletak pada koordinat 8,30 LS dan 116,23 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km timur laut Lombok Utara-Nusa Tenggara Barat, pada kedalaman 11 km.

Melalui siaran tertulis, Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Agus Wahyu Rahardjo SP menyatakan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif busur belakang (‘Back Arc Thrust’). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (‘thrust fault’).

Dikatakannya, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Lombok Utara, Lombok Barat, Kota Mataram sebesar III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Hingga pukul 06:56 Wita, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya, mengingatkan. (LE-LB)

Lenteraesai.id