judul gambar
DenpasarHeadlines

Arus Penumpang Melonjak, Irjen Kemenhub Kunjungi Pelabuhan Sanur Denpasar

Denpasar,LenteraEsai.id – Angka keberangkatan dan kedatangan penumpang selama perayaan Hari Natal dan tahun baru 2021 di Pelabuhan Sanur Denpasar mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Malam tahun baru yakni 31 Desember 2020, jumlah keberangkatan dari Pelabuhan Sanur menuju Nusa Penida tercatat 2.060 orang, dilayani kapal yang beroperasi sebanyak 35 fast boat.

Peningkatan volume penyebrangan melalui Pelabuhan Sanur tersebut, membuat Dinas Perhubungan Kota Denpasar bersama Tim Terpadu melakukan pengawasan secara ketat di titik Posko Terpadu Pelabuhan Sanur. Tim terpadu ini terdiri atas unsur Satpol PP, Dinas Kesehatan Kota Denpasar, KSOP Benoa melalui Wiker Sanur, Polairud Sanur, Polsek Densel, Koramil Denpasar Selatan serta jajaran BUPDA Unit Pesisir Sanur.

Ramainya penyeberangan di Pelabuhan Sanur juga membuat Irjen Kemenhub RI Gede Pasek Suardika menyempatkan diri berkunjung ke pelabuhan itu, Sabtu (2/1).

Disambut Kadis Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan, Gede Pasek dalam kunjungannya meninjau progres pembangunan Sanur serta memonitor kondisi lapangan dan Posko Terpadu terkait protokol kesehatan di simpul-simpul transportasi.

Pada kesempatan itu Gede Pasek mengatakan, volume penyeberangan di Pelabuhan Sanur semakin meningkat. Untuk itu Pembangunan Pelabuhan Sanur memang sangat tepat dilakukan guna menciptakan kenyamanan dan keamanan para penumpang.

Untuk memperlancar perencanaan dan operasional pembangunan Sanur, Gede Pasek mengharapakan adanya sinergi dan koordinasi yang intens antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta stakeholder yang tetkait. Dengan langkah itu, maka akan mempercepat proses pembangunan yang kini tengah dikerjakan.

Sedangkan terkait protokol kesehatan di Pelabuhan Sanur, menurut Gede Pasek telah diterapkan sesuai dengan prosedur pencegahan penularan Covid-19, yakni telah menyiapkan tempat cuci tangan, mengatur jarak tempat tunggu, menyediakan hand sanitizer, pengukur suhu tubuh bagi pengunjung, serta selalu memberikan imbauan menggunakan masker.

Kadis Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan mengaku siap melakukan sinergitas dan koordinasi dengan stakeholder terkait, sehingga proses pembangunan Sanur bisa berjalan lancar sesuai dengan target. Sedangkan terkait dengan protokol kesehatan, pihaknya meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yakni selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan yang telah disiapkan di kawasan Pelabuhan Sanur.

Untuk mengantisipasi penularan Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Denpasar juga memberikan pelayanan rapid test sampling terhadap penumpang maupun petugas pelabuhan.  “Dengan langkah tersebut sampai detik ini belum ditemukan orang yang melakukan pelanggaran,” kata Sriawan.

Selebihnya Sriawan menambahkan, Tim Posko Terpadu keberadaannya juga untuk membantu para operator kapal agar tetap bisa melayani penumpang saat liburan, sehingga penumpang bisa diiingatkan untuk protokol kesehatan. “Kami Dishub Kota Denpasar merasa perlu memotivasi para operator fast boat untuk tetap bersabar dan terus mengikuti anjuran pemerintah tentang pentingnya prokes, sehingga secara bersama mampu mewujudkan pelayanan pelabuhan yang aman, nyaman, sehat dan selamat,” ujarnya, menandaskan. (LE-DP)

Lenteraesai.id