judul gambar
DenpasarHeadlines

Tim Gabungan Yustisi Denpasar Jaring 13 Orang Pelanggar

Denpasar, LenteraEsai.id – Operasi penertiban dan penegakan disiplin protokol kesehatan dilaksanakan di wilayah Desa Dauh Puri Kaja tepatnya pada kawasan Gatsu Tengah perempatan Jalan Ahmad Yani, Lumintang Denpasar, Rabu (28/10).

Operasi ini dilaksanakan Tim Yustisi Denpasar yang terdiri dari gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Linmas, serta perangkat Desa Dauh Puri Kaja. Tim kembali melaksanakan operasi Yustisi Penegakan Hukum Prokes.

Saat dikonfirmasi, Kepala Satuan Pol PP Kota Denpasar I Dewa Gede Anom Sayoga mengatakan kegiatan ini merupakan penerapan dari Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 48 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Dissease 2019 (Covid-19) dalam Tatanan Kehidupan Era Baru. Kali ini dilaksanakan di Desa Dauh Puri Kaja tepatnya pada kawasan Gatsu Tengah perempatan Jalan Ahmad Yani, Lumintang.

“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, yang sedang melanda dan kegiatan ini tentu untuk mencegah terjadinya klaster baru lagi di masyarakat. Untuk itu kegiatan operasi ini sangat perlu, karena kami khawatir kemunculan klaster-klaster baru,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, hasil dari pelaksanaan operasi prokes tersebut terjaring sebanyak 13 orang. 9 orang di antaranya tidak menggunakan masker dan 4 orang didapati menggunakan masker dengan tidak benar. Sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 46 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, 9 orang tersebut langsung didenda masing-masing sebesar Rp 100 ribu di tempat. Dan untuk yang menggunakan masker dengan tidak benar dilakukan pembinaan oleh petugas.

“Dalam penerapan disiplin prokes ini, tim yustisi tidak semata-mata mencari kesalahan, namun terus melakukan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah penularan virus, dan sesegera mungkin kita bisa terlepas dari lingkaran penyebaran virus Covid-19. Untuk itu kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat selalu menjaga kesehatan. Dengan masyarakat sehat tentu dapat berproduktif sehingga ekonomi dapat pulih seperti semula,” kata Dewa Sayoga. (LE-DP)

Lenteraesai.id