HeadlinesTabanan

Adaptasi Kebiasaan Baru, Dandim Tabanan ‘Lari Gembira’ Bersama Komunitas Pelari

Tabanan, LenteraEsai.id – Memasuki adaptasi kebiasaan baru pandemi Covid-19, masyarakat secara berlahan dan bertahap mulai melakukan aktivitas. Untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh, masyarakat diimbau melakukan pola hidup sehat dan rajin berolahraga.

Olahraga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia untuk menjaga kebugaran tubuh, dan lari merupakan olahraga paling sederhana, menyehatkan dan hampir semua orang dapat melakukannya.

Seperti yang dilakukan oleh Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto beserta Ketua Persit KCK Cabang XXXVII Kodim 1619/Tabanan Nyonya Toni Sri Hartanto, yang kerap menyalurkan hobi olahraganya dengan berlari.

Hampir di setiap waktu Dandim 1619/Tabanan yang dikenal ramah dan mudah bergaul itu, terlihat melaksanakan lari di seputaran Kota Tabanan, kadang sendiri dan tidak jarang juga bersama keluarga, sehingga banyak yang mengenal sosok Dandim sebagai head of runner di kalangan komunitas lari, seperti Tabanan Runners dan yang lainnya.

Kali ini, Sabtu (8/8/2020) pagi, Letkol Inf Toni Sri Hartanto bersama istri melaksanakan giat ‘Lari Gembira’ bersama komunitas lari Tabanan yaitu Tabanan Runner dan yang lainnya.

Menurut Dandim 1619/Tabanan, ‘Lari Gembira’ ini memiliki makna olahraga yang dilakukan dengan senang hati atau gembira atas kemauan sendiri dan tidak ada paksaan karena merupakan hobi, serta menyadari bahwa lari merupakan kebutuhan dari masing-masing anggota TNI dalam rangka menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

“Selain itu, ‘Lari Gembira’ ini merupakan suatu kegiatan spontanitas saja dari kami yang kebetulan memiliki hobi yang sama yaitu lari, kemudian saling kontak dan sama-sama melaksanakan kegiatan lari,” tuturnya.

Dalam rangka mensosialisasikan adaptasi kebiasaan baru kepada masyarakat, kata Dandim, pihaknya menyarankan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan selama kegiatan dilaksanakan.

Kegiatan yang mengambil start dari Makodim 1619/Tabanan dan finis di DTW Tanah Lot itu, menempuh jarak kurang lebih 14 kilometer.

Sampai di garis finis DTW Tanah Lot, peserta lari mengibarkan bendera Merah Putih yang memiliki maksud bahwa kegiatan ini sekaligus juga  mengingatkan masyarakat bahwa di bulan Agustus ini merupakan bulan yang istimewa bagi bangsa dan negara, yaitu Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan RI, katanya, menambahkan.  (LE-TB)

“Untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat agar secara serentak mulai tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus 2020 ini untuk mengibarkan Bendera Merah Putih untuk memperingati hari kemerdekaan kita”, jelas Dandim, (LE-TB).

Lenteraesai.id