HeadlinesNasional

Kisah Mengharukan di Balik Banjir Keringat TNI di Lokasi TMMD Kolaka

Kolaka, LenteraEsai.id – Lukman (35), tak bisa menyembunyikan rasa haru bercampur suka cita saat menyaksikan rumahnya tiba-tiba direhab puluhan anggota TNI yang turun dengan mengucurkan keringat.

Penduduk Kampung Bajo, Desa Anaiwoi, Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sukawesi Tenggara itu tampak berkumat-kamit memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, meski dengan kedua bola matanya yang tampak sembab.

Sejak beberapa hari lalu, anggota TNI yang juga bersama-sama dengan anggota Polri dan warga masyarakat, terjun dengan ‘berbanjir’ keringat dalam program TMMD ke-108 di wilayah Kolaka.

Kapenrem 143/Haluoleo Mayor Arm Sumarsono dalam siaran tertulisnya kepada pers, Minggu (5/7/2020) mengungkapkan, kisah yang cukup mengharukan berawal saat rumah Lukman dikerjakan atau direhab oleh Satgas TMMD.

Kepada Komandan SST TMMD Letda Inf Rusmin, Lukman yang adalah seorang nelayan dan memiliki dua anak, menceriterakan kisah hidupnya  yang penuh dengan berbagai cobaan.

Hidup yang serba pas-pasan dari penghahasilannya sebagai nelayan, pada sekitar 10 tahun lalu lagi-lagi harus ditambah dengan penderitaan baru, yakni Lukman harus rela kehilangan bagian anggota tubuhnya.

Lukman harus kehilangan sebuah tangannya karena putus akibat terlilit dan terjepit rodagila mesin perahu motor yang dikemudikannya untuk menangkap ikan, ujar Mayor Sumarsono.

“Kejadianya sudah lama sekali mi, ada lebih 10 tahun Pak. Itu waktu melaut baju saya ketarik mesin kapal, jadi tangan saya ikut ditarik hingga putus. Ya syukurnya saya masih selamat,” tutur Lukman di hadapan anggota Satgas TMMD.

Sejak itu, warna hididupan keluarga Lukman semakin tidak menentu, termasak tidak mampu lagi memperbaiki rumah tinggal yang tergolong sudah tidak layak huni.

Karenanya, saat dikonfirmasi oleh Letda Rusmin, Lukman mengaku sangat merasa terharu bercampur bahagia dengan adanya bantuan rehab rumah yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD dan Pemkab Kolaka.

“Iye, Alhamdullillah saya senang sekali Pak dengan adanya bantuan rehab rumah ini, ada papan, ada seng dan ada juga batolo. Jadi sekarang rumah saya bisa lebih nyaman untuk ditempati,” ujar Lukman dengan aksen suara terbata-bata.

Berkali-kali dia menyampaikan terima kasih kepada Satgas TMMD, sembari berharap ke depannya masih ada lagi program yang sama agar lebih banyak lagi rumah warga yang tidak mampu dapat direhab.

Pada kesempatan yang sama, Danton TMMD menyampaikan permohonan maafnya dan juga menyampaikan rasa senangnya atas penerimaan warga terhadap hehadiran Satgas TMMD.

“Saya turut senang, karena Pak Lukman telah mewakili perasaan warga yang ada di sini, yang dengan tangan terbuka menerima kami. Kami berharap kedatangan TMMD di bawah komando Letkol Kav Amran Wahid dapat membantu dan meringankan beban masyarakat di sini,” ungkap Rusmin Ismail.

“Tetap semangat, dan maaf kalau tadi saya mengingatkan musibah yang pernah menimpa Pak Lukman,” kata Danton Ang Yonif 725/Wrg, dengan tutur kata yang ramah, menambahkan.  (LE-KL) 

Lenteraesai.id