AdvertorialHeadlinesKarangasemNews

Bupati Mas Sumatri Tempuh Jalur Sekala-Niskala Tangani Corona

Amlapura, LenteraEsai.id – Kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Karangasem, Bali, resmi ditiadakan di sekolah-sekolah terhitung sejak Senin (16/3) hingga tanggal 30 Maret 2020 mendatang.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan hal itu usai menggelar rapat bersama Forkopimda di Kantor Bupati Karangasem, di Amlapaura, Senin (16/3) siang.

“Ingat, ini bukan libur, tetapi para siswa belajar di rumah,” ujar Bupati Mas Sumatri, menegaskan.

Selain dengan menetapkan para siswa untuk belajar di rumah, Pemkab Karangasem juga melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Salah satunya, telah menbentuk Satgas, di mana nantinya segala bentuk perkembangan dan situasi akan dinformasikan serta dipublikasikan kepada masyarakat.

Bersamaan dengan itu, Sekda Kabupaten Karangasem langsung menggelar rapat dengan para kepala OPD untuk membuat surat edaran kepada seluruh OPD, kecamatan, desa dan juga Bendesa Adat, dengan harapan bisa bersama-sama mengantisipasi dan mengkomunikasikan secara pararel agar tidak terjadi miskomunikasi.

Bupati menyebutkan bahwa pihaknya juga berencana menempuh jalur yang tidak hanya sekala, namun juga secara niskala dalam penanganan penyebaran virus Corvid-19 ini.

“Selain penanganan lewat berbagai tindakan secara langsung, upaya niskala juga akan dilakukan, antara lain dengan menggelar suatu ritual seperti yang telah dilakukan sebelumnya, yakni pada saat erupsi Gunung Agung,” ucapnya, menjelaskan.

Bupati Mas Sumatri mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar upacara sesui dengan petunjuk dari para sulinggih.

Hanya saja, lanjut Mas Sumatri, keterbatasan anggran menjadi salah satu kendala dalam upaya penanganan Covid-19 ini. “Kita tidak ada anggaran untuk ini. Namun akan dicoba untuk dilakukan pengkajian, mudah-mudahan dapat ditemukan jalan yang terbaik, ” katanya, menjelaskan.

Meski demikian, Mas Sumatri mengimbau kepada semua pihak untuk tidak sampai panik, melainkan haru tetap tenang serta tidak membuat atau menyebarkan informasi yang tidak akurat, yang tidak berasal dari sumber resmi yang ada. (LE – KR6)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id