judul gambar
HeadlinesKarangasem

Studi Banding, DPRD Karangasem Ajak Awak Media Massa ke DPR RI

Jakarta, LenteraEsai.id – Rombongan studi banding Sekretariat DPRD Kabupaten Karangasem bersama awak media massa berkunjung ke Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI di Gedung Nusantara II Senayan Jakarta pada Kamis, 22 Februari 2024. Rombongan ini dipimpin Kabag Persidangan dan Perundang-Undangan Sekretariat DPRD Karangasem I Gusti Bagus Putra Sudewa SH.

Berjumlah 24 orang, rombongan ini diterima Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Dr Indra Pahlevi SIP MSi bersama Kepala Bagian (Kabag) Humas Beni Rahbandiosa dan lainnya.

Sebelumnya, rombongan studi banding Sekretariat DPRD Karangasem dan awak media massa bertolak dari Hotel Santika tempat menginap pukul 09.00 WIB. Setiba di kompleks Gedung DPR RI kurang lebih pukul 10.00 WIB, rombongan disambut seorang pejabat Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR-RI sampai di pos penjagaan.

Kondisi Gedung DPR-RI pagi itu relatif lengang, karena anggota DPR RI sedang menjalani reses ke daerah-daerah, terkait proses Pemilu 2024. Namun demikian penjagaan oleh petugas kepolisian dan pengamanan internal masih sangat ketat. Setiap kendaraan masuk diperiksa menggunakan bantuan anjing pelacak.

Di ruangan tempat penerimaan rombongan studi banding Sekretariat DPRD Karangasem yang luas, sudah duduk berjejer para pejabat Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI. Yakni Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Indra Pahlevi dan Kepala Bagian Humas dan lainnya. Sebelum masuk, semua peserta studi banding dari Bali mengisi absensi.

Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Indra Pahlevi membuka acara silahturahmi itu dengan menyampaikan selamat datang pada rombongan dari Bali. Ucapannya sangat ramah, santun dan kekeluargaan. Ia berterima kasih kepada para tamunya sudah melakukan kunjungan ke Sekretariat DPR RI.

Berikutnya sambutan singkat disampaikan oleh Kabag Persidangan dan Perundang-Undangan Sekretariat DPRD Karangasem I Gusti Bagus Putra Sudewa. Berisi tentang tujuan studi banding ke Setjen DPR-RI. Peserta dari unsur pejabat dan staf Sekretariat DPRD Karangasem serta sejumlah awak media massa. Seluruhnya 24 orang, 9 orang pejabat dan staf setiap DPRD Karangasem dan 15 orang awak media massa.

“Awak media massa baik cetak, elektronik dan media online kami ikut sertakan dalam studi banding, karena menjadi mitra kerja. Merekalah yang setiap hari menyebarkan berita-berita kegiatan pimpinan dan anggota DPRD Karangasem. Kami berharap Bapak Kepala Biro berkenan berbagi kiat-kiat menjalin kerja sama dengan media massa dalam penyebaran informasi. Semua itu akan kami terapkan di DPRD Karangasem,” papar I Gusti Bagus Putra Sudewa.

Indra Pahlevi memaparkan, dalam menunjang dan mensukseskan program di Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI, pihaknya merangkul banyak media massa. Seperti televisi nasional, radio pemerintah dan radio swasta. Juga media online dan sebagainya. Pihaknya memproduksi paket berita dengan beragam konten. Yakni tentang kegiatan pimpinan dan anggota DPR-RI. Berupa sidang-sidang, dengar pendapat komisi-komisi dengan mitra kerjanya. Paket berita itu disebarkan ke semua media massa.

“Teman-teman media juga melakukan liputan sendiri mengenai kegiatan pimpinan dan anggota dewan. Baik berupa persidangan, rapat dengar pendapat (RDP), seminar dan kunjungan kerja,” katanya.

Bukan hanya itu, Indra Pahlevi juga menjelaskan bahwa Biro Pemberitaan Parlemen memiliki TV Parlemen, majalah, buletin, buku, website dan sejumlah medsos. Cuma saja majalah dan buletin dikurangi mencetaknya, lantaran sekarang sudah kebanyakan informasi disampaikan dalam bentuk digital.

Terakhir acara diisi tanya jawab atau dialog. Banyak awak media massa dari Bali yang menyampaikan pertanyaan ke Karo Pemberitaan Parlemen. Materi pertanyaan beragam, tetapi masih seputar kerja sama dengan lembaga media dan pengelolaan media internal.

Pewarta: I Made Astra
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id