judul gambar
Headlines

Ketua GOW Kota Denpasar Pimpin Studi Komparatif ke Bogor, Jawa Barat

Bogor, LenteraEsai.id – Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa bersama para anggotanya melakukan studi komparatif dengan menyambangi Sekretariat GOW Kota Bogor, Jawa Barat pada Jumat (1/12). Studi ini ditujukan untuk mempelajari bagaimana para pengurus GOW setempat mengelola pemberdayaan perempuan di daerah tersebut.

Dalam kegiatan itu, turut pula mendampingi Ketua DWP Kota Denpasar Ny Ida Ayu Widnyani Wiradana serta Kepala Dinas P2AP3KB Kota Denpasar I Gusti Agung Sri Wetrawati.

Di hadapan para pengurus GOW kedua daerah, Ketua GOW Kota Denpasar Ny Ayu Kristi mengungkapkan kekaguman tentang eksistensi GOW Kota Bogor yang telah berjalan lebih dari 70 tahun lamanya, dalam mengorganisir serta mewadahi para wanita untuk bisa berdaya dan mengambil peran dalam masyarakat.

“Banyak hal baik yang ingin kami tiru dari organisasi GOW Kota Bogor yang usianya lebih dari 70 tahun. Di usia kami yang akan menginjak dua tahun ini, tentu kami memerlukan banyak pembelajaran tentang berbagai hal agar bisa menjadi penggerak dan berkontribusi dalam pembangunan daerah kami,” ungkapnya.

Ny Ayu Kristi juga mengajak para pengurus dan anggotanya, agar dapat mencatat poin penting yang berkaitan dengan pengelolaan organisasi yang dijalankan oleh GOW Kota Bogor agar nantinya dapat dijadikan referensi untuk perbaikan organisasi GOW Kota Denpasar ke depannya.

Kepala Dinas P2AP3KB Kota Denpasar Sri Wetrawati mengatakan, dalam hal pemberdayaan organisasi wanita, Pemkot Denpasar selalu berupaya mendukung dan memfasilitasi agar setiap programnya dapat berjalan dengan baik dan optimal.

“Maka dengan studi komparatif ini, kita harapkan pemberdayaan perempuan di Kota Denpasar yang diwadahi oleh organisasi GOW Kota Denpasar dapat berperan dalam mendukung program pemerintah, sehingga pembangunan Kota Denpasar dapat berjalan optimal,” urainya.

Sementara itu, Ketua GOW Kota Bogor Hj Ning Taufik menyebut, keberadaaan GOW Kota Bogor selama ini telah berjalan berdampingan dan turut andil dalam berbagai kegiatan untuk pembangunan Kota Bogor.

“Setidaknya ada lebih dari 30 organisasi yang tergabung di dalam GOW Kota Bogor. Kami pun selama ini, turut andil dalam mengambil peran untuk pemberdayaan perempuan dan juga melaksanakan program dan kegiatan yang bersinergi bersama-sama dengan Pemerintah Kota Bogor,” tuturnya.

Studi Komparatif ini juga turut dirangkaikan dengan kunjungan lapangan ke Kampung Perca Sindangsari untuk melihat bagaimana para wanita daerah tersebut mengolah sisa kain menjadi produk unik dan bernilai ekonomi tinggi.

Pewarta: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id