Headlines

Ketua DPRD Badung Terima Rombongan Widya Sabha Kabupaten Badung

Mangupura, LenteraEsai.id – Ketua DPRD Badung I Putu Parwata menerima kedatangan rombongan dari Widya Sabha Kabupaten Badung yang dipimpin ketuanya Wayan Selat Wirata, di ruang kerjanya di Mangupura pada Senin, 20 November 2023. Mereka berjumlah 5 orang semua berpakaian adat Bali.

Di hadapan Ketua DPRD yang didampingi seorang Kabid dari Dinas Kebudayaan Badung, Wayan Selat Wirata menyampaikan bahwa pihaknya kini tengah melakukan kegiatan-kegiatan pembinaan dan pengembangan seni dan budaya di Badung, di samping juga mengikuti event-event seni dan budaya.

Pengurus Widya Sabha Badung juga mengemukakan program ke depannya, antara lain melakukan pementasan kesenian-kesenian yang sudah mulai langka. Seperti kesenian prembon, dramatari arja dan sebagainya. Mereka pun melaporkan kendala terbatasnya anggaran.

Usai menerima tamunya, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata menjawab awak media massa, menyatakan mendukung program yang sudah dan yang akan dilakukan Widya Sabha Badung. Mereka adalah pengabdi seni dan budaya, yakni melestarikan dan mengembangkan seni.

Bahkan, Putu Parwata mengaku menyarankan Widya Sabha untuk membuat program pementasan rutin, termasuk dengan rencana anggarannya. DPRD dan Pemkab Badung selalu mensuport kegiatan Widya Sabha, sehingga tidak ada keluhan tidak memiliki anggaran dalam menjalankan program kegiatan di bidang pelestarian seni dan budaya.

“Kami tadi sarankan mereka melakukan pagelaran rutin di Puspem Badung. Bisa 3-4 kali setahun, jadi kalender tetap. Sehingga orang-orang yang berkunjung ke Badung (Bali) bisa menikmati,” ujarnya, menjelaskan.

Ketua DPRD Badung juga mengapresiasi rencana Widya Sabha Badung mengagendakan pementasan kesenian-kesenian yang mulai langka seperti prembon, dramatari arja dan lainnya. Salah satu bentuknya, dalam waktu dekat akan mengubah wantilan di Puspem Badung menjadi panggung terbuka sebagai wadah seniman Badung berkarya.

“Saya akan pemerintahkan Sekretariat DPRD Badung untuk merenovasi wantilan menjadi panggung terbuka. Lengkap dengan soundsistem dan fasilitas lainnya. Sehingga seniman-seniman Badung bisa maksimal berkreasi,” katanya, menandaskan.

Pewarta: I Made Astra
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id