judul gambar
AdvertorialHeadlinesKarangasem

Gelar Reses, Wayan Suastika Dengarkan Aspirasi Warga Selat dan Sidemen

Amlapura, LenteraEsai.id – Memasuki masa reses sidang I pada 5 – 7 November 2023, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Karangasem mendengar aspirasi warga untuk disampaikan kembali kepada pemerintah melalui reses, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Karangasem mendatangi warga dari satu wilayah ke wilayah lainnya.
Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, I Wayan Suastika ST mengatakan, reses adalah sebuah kebijakan yang sudah diatur dalam Undang-undang dengan tujuan bertemu masyarakat,
mendengar, dan mendorong serta mengawal aspirasi itu agar bisa direalisasikan oleh pemerintah daerah.

“Kami setiap empat bulan sekali dalam setahun, ada tiga kali reses, diatur Undang-undang bahwa pimpinan dan anggota DPRD harus melakukan kerja di luar gedung bertemu konstituen yaitu pemilih kita,” kata Suastika saat ditemui dalam melaksanakan reses di Banjar Lebu, Desa Lokasari Kecamatan Sidemen, Senin (6/11/2023).

Dalam dua hari reses yang telah dijalani, dirinya sudah bertemu warga di Kecamatan Selat dan Kecamatan Sidemen. Ada tiga keluhan utama yang warga sampaikan, yaitu terkait infrastruktur, program Bedah rumah, dan kesejahteraan masyarakat.

Soal insfrastruktur, kata Suastika, banyak warga yang menginginkan penyelesaian pembangunan jalan dan bangunan Pura yang belum tuntas. Selain itu juga masih banyak wilayah yang gelap dan butuh penerangan lewat PJU (Penerangan Jalan Umum) melalui program Bedah Rumah agar tepat sasaran. I Wayan Suastika memastikan ketiga aspirasi warga tersebut akan ditindaklanjuti olehnya dan selaku wakil rakyat dirinya berkomitmen untuk mendorong aspirasi itu agar bisa
diwujudkan. "Kita menampung, membawa, dan berupaya mendorong aspirasi itu sendiri," katanya.

Suastika juga mengungkapkan, rupanya antusias warga untuk mengikuti kegiatan reses juga tinggi. Hal ini terlihat dari peserta reses yang hadir melebihi jumlah undangan yang diberikan kepada warga. “Sekarang (reses) ditentukan 4 titik dan satu titik yang dihadiri maksimal 130 warga, tapi terkadang yang hadir lebih, karena antusias,” ucap politisi asal Juwuklegi tersebut.

Pewarta: Wayan Adi
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id