judul gambar
HeadlinesPendidikan

Tingkatkan Percaya Diri dan Skill Public Speaking, Minpro Suluh Unud Gelar Seminar Nasional

Denpasar, LenteraEsai.id – Minat Profesi Suluh Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (FKH Unud) mengelar seminar nasional dengan tema ‘Improve Speaker Skill: Everyone And Anything Start From There’. Ini merupakan kegiatan wajib tahunan yang diselenggarakan oleh Minat Profesi Suluh (Minpro Suluh) FKH Unud.

Setelah melewati beberapa minggu persiapan, sampailah pada hari puncak kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid yaitu offline bertempat di Ruang Sidang Lantai 1 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (FKH Unud) di Denpasar, dan secara online melalui Cisco Webex Meeting pada 1 Okberber 2022. Kegiatan diikuti 122 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa di seluruh Indonesia dan dipersiapkan oleh 32 orang panitia.

Kegiatan Seminar Nasional Minpro Suluh 2022 ini dikemas dengan beberapa rangkaian, di antaranya pembukaan oleh MC, pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan ketua panitia, sambutan Ketua Minat Profesi Suluh, sambutan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FKH Unud, sambutan Pembina Minat Profesi Suluh, sambutan Dekan yang diwakili oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FKH Unud, kemudian dilanjutkan dengan materi pertama dan diskus oleh Drh Putu Henrywaesa Sudipa MSi dan dimoderatori oleh IGde Andhika Putra Pratama serta sesi ini ditutup dengan penyerahan sertifikat dan plakat oleh moderator.

Acara dilanjutkan dengan sesi istirahat makan bersama (Isbama) selama 30 menit dan kemudian dilanjutkan dengan materi kedua dan diskusi oleh Komang Putri Cahaya Pratiwi SIkom yang dimoderatori oleh Yuyun Setia Ningsih serta sesi ini juga ditutup dengan penyerahan sertifikat dan plakat oleh moderator.

Acara diakhiri dengan sesi games dan sesi foto bersama seluruh peserta kegiatan Seminar Nasional Minat Profesi Suluh. Salah seorang peserta, Elisa Fareza menyampaikan, banyak ilmu yang bisa didapatkan mengenai public speaking yang sangat dibutuhkan di masa sekarang dan masa mendatang. “Selain itu, seminar ini juga menambah wawasan saya dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan banyak orang. Acaranya sangat seru, menyenangkan, dan tidak membosankan sama sekali. Apalagi ditambah dengan adanya games serta hadiah. Semoga acara semnas tahun depan bisa full offline supaya semakin seru dan bisa bertemu dengan teman-teman yang lainnya,” ucapnya, sumeringah.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dalam sambutannya, komunikasi itu sangat penting karena setiap maksud dan tujuan akan berbeda maknanya jika salah dalam mengkomunikasikan, serta sangat penting untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang efektif dan mudah dimengerti, khususnya saat berhadapan dengan klien. Maka dari itu, dengan diadakannya kegiatan Seminar Nasional Minat Profesi Suluh 2022 diharapkan kepada seluruh peserta yang hadir agar ke depannya dapat lebih mengembangkan skill public speaking, dapat meningkatkan rasa percaya diri serta lebih sering untuk melatih secara langsung kemampuan public speaking di masyarakat, ucapnya. (LE-DP1)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id