AdvertorialHeadlinesKarangasem

Pameran Karangasem Jadi Ajang Perputaran Ekonomi Masyarakat

Karangasem, LenteraEsai.id – Semangat Pemerintah Kabupaten Karangasem dalam memeriahkan hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia direfleksikan dengan menggelar pameran bertemakan bangkit lebih cepat tumbuh lebih kuat. Pameran potensi dan hasil pembangunan Karangasem tersebut dilaksanakan dalam waktu sepekan dan berakhir pada Rabu (24/8/2022) malam.

Dalam pelaksanaannya, pameran diikuti oleh kalangan BUMN, BUMD, UMKM Swasta dan instansi vertikal, dengan total 66 stand yang terdiri atas 36 stand khusus kuliner dan 28 stand IKM. Selain itu, di arena pameran juga didirikan 2 pos keamanan dan kesehatan.

Di tengah hiruk pikuknya pengunjung bebelanja dan menikmati aneka hidangan yang tersaji pada puluhan stand kuliner, mereka juga disuguhi pentas seni atau hiburan yang memberdayakan para seniman lokal Karangasem, mulai dari band, komedian, bahkan menampilkan peserta dari ajang pencarian bakat Karangasem Idol.

Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta di sela-sela penutupan pameran mengatakan, penameran yang telah berlangsung selama sepekan itu, tercatat berhasil membantu perekonomian masyarakat lewat hasil aneka kuliner dan barang-barang lain yang mereka perdagangkan.

“Hasil penjualan dari kuliner tercatat sebesar Rp452.395.000, dan dari sektor UKM Rp357.133.000, sehingga dapat kami totalkan sebanyak Rp809.528.000 perolehan yang masuk selama pameran berlangsung,” ucapnya, menjelaskan.

Sementara Bupati Karangasem I Gede Dana dalam pidatonya pada malam penutupan mengatakan, kegiatan seperti ini dipandang perlu untuk sesering mungkin diadakan, sehingga terus dapat menggerakkan perekonomian IKM ataupun UMKM di Karangasem.

Di samping itu, lewat pameran ini juga dapat menghibur masyarakat dengan menampilkan beberapa jenis kesenian, termasuk kebolehan yang ditunjukkan oleh sejumlah artis lokal Karangasem, ujarnya.

“Setelah saya hitung-hitung, kuliner ini cukup menjanjikan di Karangasem. Setelah saya tanyakan ke beberapa penyedia kuliner di arena pameran, ternyata tidak sedikit dari mereka yang mendapat penghasilan antara sartu sampoai dua juta rupiah per hari,” ujar Gede Dana, sumeringah.

Demikian juga pada beberapa stand UKM, dilaporkan memperoleh pendapatan yang cukup selama kegiatan pameran berlangsung. “Jadi ini cukup menjanjikan bagi perekonomian secara langsung,” ungkap Bupadi Dana seraya menegaskan bahwa kegiatan semacam ini perlu sering diselenggarakan.  (LE-Ami)

Lenteraesai.id