judul gambar
DenpasarHeadlines

Cegah Kekerasan Perempuan, Doktor Ilmu Hukum Unud Gelar Seminar Nasional

Denpasar, LenteraEsai.id – Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Fakultas Hukun Universitas Udayana menyelenggarakan Seminar Nasional (Semnas) bertajuk ‘Pencegahan Kekerasan Perempuan Berbasis Budaya’, pada Senin (25/7) di Aula FH Unud secara hybrid dan diikuti oleh 200 peserta.

Acara ini diawali dengan sambutan Ketua Panitia Semnas Prof Dr I Nyoman Suyatna SH MH, dan dibuka oleh Dekan FH Unud Dr Putu Gede Arya Sumerta Yasa SH MHum.

Pencegahan kekerasan perempuan merupakan hal fundamental karena meskipun sudah diatur perlindungannya di dalam instrumen hukum internasional dan nasional, namun Catatan Tahunan Komnas Perempuan menunujukkan pada tahun 2021 sebagai tahun dengan jumlah kasus Kekerasan Berbasis Gender (KBG) tertinggi, yakni meningkat 50 persen dibanding tahun 2020, sebanyak 338.496 kasus. Dari laporan tersebut, KBG di perguruan tinggi (PT) menempati urutan pertama yaitu 35 persen.

Untuk itu dihadirkan 4 narasumber yang menyampaikan evaluasi, upaya, strategi, peraturan hukum dan pendekatan budaya guna meningkatkan pencegahan kekerasan terhadap perempuan, yakni dosen FH Universitas Pancasila Dr Kunthi Tridewiyanti SH MA, Ketua LSM Bali Sruti Dr Ir Luh Riniti Rahayu Msi, Ketua Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Unud I Gusti Ayu Agung Dike Widhiyaastuti SH MH dan mahasiswi PDIH FH Unud Ni Putu Rai Yuliartini SH MH. (LE-DP)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id