judul gambar
DenpasarHeadlines

Sambut 25 th Ashram Gandhi, Hadirkan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Nahdiyin Indonesia

Klungkung, LenteraEsai.id – Ketua Umum Himpunan Pengusaha Nahdiyin (HPN) Tyovan Ari Widagdo, anak muda kreatif di bidang IT yang hasil karyanya digunakan beberapa lahan usaha ternama Indonesia, hadir serangkaian menyambut 25 th Ashram Gandhi Puri Sevagram, di Desa Paksebali, Kabupaten Klungkung, Jumat (20/5).

Tyovan yang hadir bersama Sekretaris Umum HPN Samsul B Ibrahim dan staf HPN lainnya, disambut Pimpinan Shantisena Ashram Gandhi Puri I Wayan Sari Dika MIKom dan pengurus ashram lainnya.

Peringatan 25 th Ashram Gandhi Puri tahun 2022 ini, mengusung tema ‘Lebih Menguatkan dan Pempererat Hubungan Persaudaraan melalui Pertukaran Budaya dan Pengembangan SDM Indonesia dan Karya Nyata’.

Di hadapan tamunya, I Wayan Sari Dika menjelaskan, tahun ini pihaknya melakukan berbagai program yang bisa dibangun sinergis, yang nantinya bisa dikembangkan di Ashram Gandhi Puri, seperti ‘VidyaGiri’ Gunaksa sebagai Taman Usada Mahotama, dimana tempat yang baru ini nantinya difokuskan untuk menanam tanaman Usada, Gumi Banten, tempat Yoga dan Meditasi. 

Dhika AGP panggilan akrab pimpinan Ashram Gandhi Puri itu juga menyambut niat baik Tyovan Ari Widagdo untuk mengembangkan SDM lebih fokus dan kesediaannya untuk mengisi lifeskill training yang tidak hanya sebagai penguatan SDM, tapi sudah pada holistik manajemen hidup dengan Shantisena Ashram Gandhi Puri. 

Tyovan Ari Widagdo yang juga Ketua Lembaga Nahdatul Ulama ini siap menjadi Bapak Asuh Shanti Ashram Gandhi Puri, yang pada kesempatan ini memberikan narasi hidup. Sebagai anak muda yang memulai kegiatan dari Wonosobo yang tidak terkenal, kini menjadi inspirasi di bidang IT, sehingga kawasan Dieng menjadi tempat wisata internasional.

Selain Tyovan yang selama ini menjadi inspirasi bagi Shantisena, juga mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid yang meresmikan Ashram Gandhi Puri sebagai Shantisena dengan People to People Partnership and Networking for better Future through Exchange Program and Social Action, yang harus terus dikuatkan, dan ini akan jadi kekuatan masa depan, menjadi kehidupan yang inspiratif karena membangun peradaban lewat pengembangan jati diri yang lebih ke dalam, mengendalikan diri dan aksi.

Wayan Sari Dika menyebutkan, negitu pula Megawati Soekarnoputri Putri yang pernah berkunjung ke Ashram Gandhi Puri sangat meneladani Swami Vivekananda yang sangat menghormati gurunya dan selalu memohon berkah itu menjadi kuncinya sehingga dapat meraih kesuksesan.

Tyovan Ari Widagdo sampai sekarang dikenal dunia sebagai pengusaha muda yang inovatif dan sangat mengapresiasi Shantisena Ashram Gandhi yang dapat belajar sampai tingkat doktoral dan sekarang banyak yang keluar negeri ini sangat penting karena ini akan menguatkan kita terus dan membuka wawasan untuk terus Inovatif Kreatif Inklusif bisa menerapkan pengalaman dan lmunya sehingga mendapatkan banyak Inspirasi dari setiap Universitas Kehidupan yang dilakoni dan mengaplikasikannya  dalam menjaga Budaya Bali. Ashram Gandhi Puri Sevagram menjadi inspirasi bagi orang muda luar negeri yang mengikuti  VishramaPuri Volenteer Programme yang pernah pula ke Bali dan sepulangnya bisa menyiapkan pola pendidikan dan karya tangan yang menjadi kewajiban dan pola pendidikan dekat dengan alam. karena ini lah yang akan menjadi persembahan pada keharmonisan dunia.

Pada saat itu  mengajak Shantisena Ashram Gandhi Puri untuk semangat terus pergilah ke dunia luas sehingga bisa mengenal dan nanti mengembangkan sesuatu yang unik untuk dunia.

Dhika juga menyampaikan Ashram Gandhi Puri mendirikan Patung Rabindranath Tagore yang disumbang oleh Duta Besar India untuk Indonesia HE. Manoj Kumar Bharti, tepat selesai dihari kelahiran Rabindranath Tagore 8 Mei lalu  dan diresmikan bersama juga oleh Pendiri Ashram Gandhi Puri Ida Rsi Putra Manuaba (Walaka beliau Agus Indra Udayana yang dianugerahi PadmaShri Award 2020 oleh Presiden India). Dimana akan ada stage kecil untuk Culture Performance setiap Sabtu bagi Shantisena mengolah rasa dan jiwa inovatif kreatif dan colaboratif yang inklusif.Patung ini terletak di Shantiniketan Bhavan tempat Para tamu dan Vanaprastha kedepan,di Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung.

Dhika berharap agar setiap patung yang ada di Ashram Gandhi Puri Sevagram dapat menjadi inspirasi dan pembelajaran hidup, sehingga lebih memotivasi setiap orang yang melihatnya umtuk menjadi maju.

Dhika juga berharap kedepannya lebih banyak Volenteer dan kerjasama antar Iman  yang  mempunyai skill  bagus dan bisa saling berinteraksi positif yang datang ke Ashram Gandhi Puri sehingga bisa menambah lifeskill warga Ashram Gandhi Puri dan Tyovan Ari Widagdo juga bisa menjembatani kami untuk mendapatkan beasiswa lebih banyak bagi Shantisena serta pelatihan  Short course dari Himpunan Pengusaha Nahdiyin kedepannya dan juga pertukaran Shantisena ke beberapa Pengusaha HPN yang sukses ini akan luar biasa, menjadi ruang budaya kreatif dan Inovatif yang Inklusif nyata bagi kita bersama.Menutup by pembicaraan. Serta menyiapkan terus sampai 28 Oktober 2022 sebagai tahun pelayanan di HUT ke 25 Ashram Gandhi. (LE-KL)

Lenteraesai.id