judul gambar
HeadlinesJakarta

Kerja Sama EDGE DC-APJII Dukung Pertumbuhan Konektivitas Internet di Indonesia

Jakarta, LenteraEsai.id – PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE DC), perusahaan dan operator data center unggulan dalam latensi rendah dan carrier-neutral di pusat kota Jakarta, telah menandatangani kerja sama strategis dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) untuk meluncurkan Point of Presence (PoP) Indonesia Internet Exchange (IIX) di fasilitas EDGE1 milik EDGE DC yang beroperasi di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Kehadiran PoP IIX di EDGE1 sebagai data center yang purposely-built di pusat kota Jakarta, akan memudahkan anggota APJII untuk terhubung dengan IIX sebagai salah satu Internet Exchange terbesar di Indonesia. IIX akan melokalisasi lalu lintas jaringan di EDGE1 dan menciptakan rute langsung antara operator jaringan yang akan meningkatkan pengalaman pelanggan melalui latensi rendah. Sehingga, kerja sama antara APJII dan EDGE DC ini akan sangat mendukung pertumbuhan infrastruktur internet di Indonesia dengan dukungan dari fasilitas teknologi kelas dunia EDGE1.

Menurut Statista, total pengguna internet Indonesia tumbuh menjadi 201,37 juta di 2021, dengan tingkat penetrasi 72,87%. Selain itu, merujuk pada data internal APJII per Maret 2022 ini, terdapat 341 Internet Service Providers (“ISP”) yang terhubung dengan IIX dengan total lalu lintas internet sekitar 1.7 Terabit per detik (Tbps).

“Pesatnya pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia mengharuskan pengadaan infrastruktur digital yang terpercaya. Tujuannya untuk memaksimalkan kinerja jaringan, juga menciptakan pengalaman pengguna yang mulus bagi para perusahaan, penyedia konten digital, dan penyedia jasa komputasi awan,” ujar Stephanus Oscar selaku CEO dari EDGE DC, di Jakarta, Sesala (29/3). “Kami sangat antusias dapat bekerja sama dengan APJII di pusat data EDGE1, terutama untuk memperkuat nilai kolektif yang akan memberikan para pelanggan pilihan dalam jasa interconnection,” ucapnya, menambahkan.

Ketua Umum APJII, Muhamad Arif juga menyampaikan, “Kami percaya bahwa konektivitas dan infrastruktur teknologi yang terpercaya merupakan pondasi utama bisnis digital di Indonesia. Tentunya, kami sangat optimis dapat bekerja sama dengan EDGE DC karena memiliki visi yang sama dalam mendukung anggota kami agar dapat menyediakan jasa internet berkualitas bagi masyarakat Indonesia.”

”Kami harap keberadaan IIX di EDGE DC akan menjadi lokasi alternatif bagi sebuah ekosistem interkoneksi carrier-neutral untuk dapat berkembang di Indonesia, sekaligus untuk memenuhi bandwith yang tinggi dan latensi rendah yang dibutuhkan oleh aplikasi saat ini,” katanya.

Presiden Komisaris dan co-founder dari PT Indointernet Tbk (Indonet), Otto Toto Sugiri, juga menghadiri acara penandatangan ini yang dilaksanakan di depan fasilitas EDGE1, sebuah fasilitas pusat data yang mulai beroperasi di Oktober 2021 lalu. Stephanus Oscar dan Muhammad Arif mewakili pihak yang menandatangani kerjasama antara EDGE DC dan APJII.

“Sebagai anggota awal dari APJII, Indonet dengan bangga mendukung kerja sama ini dan percaya bahwa ini akan mendatangkan nilai bagi ekosistem internet di Indonesia. Transformasi digital telah berkembang pesat dalam 2 tahun terakhir ini, dan Indonesia telah diuntungkan dari infrastruktur internet yang mendukung pertumbuhan ekonomi digital kita. Kolaborasi antara APJII dan EDGE DC ini akan memberikan solusi infrastruktur teknologi yang semakin dekat dengan pengguna akhir,” ujar Toto Sugiri.(LE-DP) 

Lenteraesai.id