judul gambar
DenpasarHeadlines

Kuliah Dosen Tamu Prodi Ilmu Komunikasi Unud Bahas ‘Data Pribadi dan Perlindungannya’

Denpasar, LenteraEsai.id – Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Udayana (Unud) Bali menyelenggarakan kuliah dosen tamu melalui webex dengan mengangkat tema ‘Data Pribadi, Aset Digital Penting & Upaya Perlindungannya’ pada Senin (7/3/2022).

Kegiatan ini dihadiri Dr Firman Kurniawan selaku Pemerhati Budaya dan Komunikasi Digital Universitas Indonesia, dipandu I Dewa Ayu Sugiarica Joni MA. yang merupakan dosen ilmu komunikasi sekaligus Koordinator Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unud.

Tema ini diangkat sebagai respon atas realita perkembangan dunia digital saat ini, khususnya adaptasi masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 yang ‘memaksa’ hampir semua kegiatan menggunakan sistem daring (dalam jaringan). Maka dari itu, informasi menjadi sebuah kebutuhan. Masifnya perkembangan teknologi membuat perhatian khusus terhadap keamanan data pribadi, juga dengan ancaman yang mengikuti.

“Kita perlu memperhatikan aspek privasi dalam data digital dan menyikapi permasalahan saat ini, yakni penggunaan data pribadi oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk dijual dan ke depannya akan menimbulkan beragam masalah,” ungkap Dr Firman Kurniawan.

Selain pemaparan di atas, dijelaskan pula mengenai strategi untuk mengantisipasi risiko dalam pemrosesan data pribadi ditunjang dengan beberapa contoh kasus nyata.

Kegiatan ini dihadiri oleh 60 mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unud angkatan 2019 dan bertujuan untuk menekankan pentingnya keamanan data dengan membahas potensi resiko dalam pemrosesan data pribadi.

Mahasiswa sebagai anak muda yang paling fasih mengakses teknologi memiliki potensi strategis sebagai sasaran kriminalisasi dan serangan digital. Apabila tidak diperhatikan, nantinya akan mengakibatkan bisa dan diskriminasi terhadap subjek data pribadi. Mahasiswa dituntut untuk bisa menjaga data diri, ujarnya. (www.unud.ac.id)

Lenteraesai.id