judul gambar
DenpasarHeadlines

Setahun Jaya Negara-Arya Wibawa Pimpin Denpasar, Gercep Wujudkan Program Kerja

Denpasar, LenteraEsai.id – Tidak terasa setahun sudah Wali Kota I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kta I Kadek Agus Arya Wibawa memimpin Kota Denpasar. Dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar pada 26 Februari, sehari sebelum HUT ke-234 Kota Denpasar, pasangan yang identik dengan jargon Vasudhaiva Khutumbakam ini tepat setahun memimpin Ibu Kota Provinsi Bali.

Dalam waktu yang relatif singkat di tengah hantaman pandemi Covid-19 yang menyebabkan situasi yang serba tidak menentu, pasangan Jaya-Wibawa gerak cepat membangun Denpasar. Berbagai bidang turut disasar guna mewujudkan harapan masyarakat.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat diwawancarai Kamis (24/2) menjelaskan, dengan gerak cepat membangun sinergi dan koordinasi, beragam program kerja prioritas berhasil direalisasikan Wali Kota Jaya Negara dan Wawali Arya Wibawa. Mulai dari bidang penanganan pandemi Covid-19 seperti Inovasi Jaga Baya Covid-19, Optimalisasi Vaksinasi Tahap I, II dan Booster, Bantuan Sembako Bagi Masyarakat dan Dapur Umum Gotong Royong.

Kedua, Bidang Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi mulai dari Pandemic Incubation Program (PIP), Digitalisasi Retribusi Parkir, Penguatan UMKM dan Pemasaran Produk oleh Dekranasda, serta Aplikasi Paon Denpasar sebagai e-Marketplace UMKM Denpasar.

Ketiga, Pembangunan dan Penataan Infrastruktur mulai dari Penataan Kawasan Wisata Pantai Sanur, Penataan Pelataran Pasar Badung, Revitalisasi Pasar Oleh-oleh Kumbasari, Renovasi dan Revitalisasi Gedung Sekolah, Penataan Kawasan Heritage Gajah Mada, Pembangunan Lima TPS3R, Pembangunan Kanal Air Baku di IPA Belusung dan Normalisasi Sungai di Kawasan Hilir.

Keempat, Pengembangan Manusia dan Kebudayaan mulai dari Dharma Negara Alaya sebagai wadah start up berkreativitas, D-Youth Fest sebagai ruang kreativitas anak muda, Denfest sebagai ruang kolaborasi seni budaya dan UMKM serta Lomba Bapang Barong, Mekendang dan Palegongan.

Dikatakan, yang lainnya yakni Peningkatan Pelayanan Publik mulai dari Optimalisasi Mal Pelayanan Publik Sewakadarma, Meningkatkan Pelayanan Adminduk di Desa/Kelurahan, Kerja Sama Sister City, Inovasi PAGI (Pajak Digital) Denpasar dan Digitalisasi Pelayanan Publik.

Tak hanya realisasi program prioritas, kata Dewa Rai, setahun di bawah kepemimpinan Jaya-Wibawa, Kota Denpasar juga sukses mendulang prestasi diberbagai bidang. Hal ini tentunya menjadi bukti bahwa Jaya-Wibawa serius bekerja untuk Denpasar.

Penghargaan Nasional Astra Coorporatte Affair merupakan sebuah ajang penghargaan bagi internal grup Astra dalam pencapaian beberapa bidang yaitu environment, health, social responsibility, security dan corporate communication.

Penghargaan Meritrokrasi Kategori Baik. Penghargaan ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan, dan disiplin, perlindungan dan pelayanan serta sistem informasi.

Penghargaan Dukcapil Bisa adalah wujud komitmen Pemkot Denpasar dalam meningkatkan kualitas di segala bidang pelayanan publik, termasuk layanan Administrasi Kependudukan. Penghargaan ini juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja, inovasi dan kualitas pelayanan sehingga diharapkan menjadi inspirasi dan role model dalam berbagai bidang.

Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja, wujud apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah yang memiliki komitmen dan kepedulian terhadap Polisi Pamong Praja di Daerah. Pemberian penghargaan tersebut telah melalui proses penilaian yang cukup panjang dan sangat selektif yang dilaksanakan langsung oleh tim Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City, adalah gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama yang bertujuan membimbing kabupaten/kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Penghargaan Kota Layak Anak, bertujuan agar suatu daerah dapat terus meningkatkan sinergitas dan komitmen dalam upaya melindungi anak-anak secara sungguh-sungguh, tentunya dengan bantuan dari seluruh elemen masyarakat dan pihak terkait lainnya.

Inovasi Pelayanan Publik 2021, bertujuan untuk membiasakan budaya berinovasi di kalangan birokrasi dan menjaring inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik

Penghargaan BKN Award 2021 Kategori Pengembangan merupakan penghargaan yang diberikan kepada Instansi Pusat dan Daerah atas prestasinya dalam pengelolaan Aparatus Sipil Negara (ASN).

Penghargaan Publik Service of The Year Bali 2021, diperoleh atas keberhasilan dalam mengelola pelayanan publik bagi masyarakat, katanya.

Anugrah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat sebagai pengakuan atas komitmen, upaya dan prestasi kementerian, lembaga serta pemerintah daerah atas pelaksanaan pembangunan yang menjamin kesetaraan dan keadilan gender.

Anugrah Humas Indonesia merupakan ajang kompetisi kinerja komunikasi institusi di lingkup kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN, anak BUMN dan BUMD se-Indonesia.

Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Nasional Tahun 2021 merupakan penghargaan sebagai sarana untuk menjaring, mendokumentasikan, dan mempromosikan inovasi

Penghargaan WTP 9 Kali adalah penghargaan atas keberhasilan Pemkot Denpasar dalam mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI sebanyak 9 kali berturut.

Penghargaan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) merupakan penghargaan atas dedikasi dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Monitoring Centre For Prevention (MCP) merupakan penghargaan stas keberhasilan mendorong jajaran pemerintah melaksanakan transformasi nilai dan praktek pemerintahan daerah sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang baik

Penghargaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government merupakan penghargaan atas keberhasilan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE, ujar Dewa Rai, mengungkapkan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id