judul gambar
DenpasarHeadlines

FKH Unud Adakan Pelatihan di Taman Nasional Bali Barat

Denpasar, LenteraEsai.id – Dalam rangka penerimaan anggota baru, Minat Profesi Satwa Liar Rothschil di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana mengadakan pelantikan di Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Kegiatan ini dipersiapkan selama kurang lebih satu bulan dengan peserta berjumlah 35 orang dan panitia 29 orang.

Sebelum kegiatan puncak, terdapat pula kegiatan pra pelantikan yang bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para peserta tentang bagaimana bertahan hidup di alam dan serba serbi kebutuhan yang harus dibawa pada acara puncak.

Acara puncak pelantikan ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam, pada tanggal 28 hingga 30 Januari 2022. Pada hari pertama kegiatan, para peserta dikumpulkan terlebih dahulu di kampus sebelum berangkat bersama ke TNBB, perjalanan tersebut berlangsung selama 5 jam dipotong waktu Shalat Jum’at di masjid terdekat.

Saat sampai di bumi perkemahan, peserta langsung diarahkan untuk operasi semut di sekitar bumi perkemahan sebelum melaksanakan kegiatan selanjutnya yaitu pembekalan tentang seputar TNBB dan cara identifikasi curik Bali. Pada hari kedua, peserta bangun pagi pukul 4.30 Wita lalu kegiatan diawali dengan ibadah, senam pagi, dan sarapan sebelum melakukan tracking.

Dalam acara tracking sendiri terdapat delapan pos yang harus dilalui oleh peserta. Pos tersebut terbagi ke dalam tujuh pos pengenalan cluster dan satu pos di akhir untuk mencari nama lapangan peserta yang merupakan tradisi dari tahun-ketahun sebagai simbol ‘nama baru’ diterimanya keluarga baru Minpro Rothschildi.

“Para peserta cukup antusias dalam melaksanakan acara tersebut, trackingnya seru, bisa masuk ke hutan, berenang di pantai, mantaplah,” ujar salah satu peserta setelah melaksanakan acara tracking.

Pada hari ketiga dilakukan pembinaan mental dipagi hari untuk menanyakan komitmen dan kesiapan menjadi anggota Minpro Rothschildi. Acara ini mendadak berubah menjadi haru saat dilakukannya penyematan baju korsa kepada seluruh peserta sebagai simbol dan ucapan selamat datang, setelahnya peserta acara dilanjutkan dengan sarapan pagi.

Pada pukul 10.00 Wita peserta dikumpulkan kembali untuk pembacaan sumpah dan dilantik langsung oleh Pembina Minpro Rothschildi. Acara ditutup dengan pengumuman apresiasi kepada para peserta dan kesan pesan selama mengikuti kegiatan ini.

Pembina Minpro Rothschildi, drh I Wayan Batan MSi juga mengucapkan selamat datang kepada anggota baru Minpro Rothschildi dalam  sambutannya dan menyampaikan harapan agar para anggota baru tetap semangat untuk menjalankan tugas serta menjaga amanah selama menjadi anggota Minat Profesi Satwa Liar ke depannya. (www.unud.ac.id)

Lenteraesai.id