judul gambar
DenpasarHeadlines

LPPM Unud-BRIN Gelar Sosialisasi Peluang dan Insentif Penerbitan Buku di BRIN

Denpasar, LenteraEsai.id – Pusat Penelitian Kebudayaan LPPM Unud bekerja sama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), menggelar sosialisasi ‘Peluang dan Insentif Penerbitan Buku Program Akuisisi Pengetahuan Lokal di Penerbit BRIN’ secara virtual via Zoom Meeting pada Selasa (28/12).

Kegiatan diikuti seklitar 300 peserta yang merupakan sivitas akademika Universitas Udayana, ISI Denpasar, ISBI Bandung, Universitas Sumatera Barat Pariaman, Universitas Negeri Jakarta, dan beberapa universitas lainnya.

Acara diawali sambutan Ketua LPPM Unud Prof Dr drh I Nyoman Suarsana MSi dan dibuka oleh Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi Dr Mego Pinandito MEng. Tampak hadir Sekretaris LPPM Unud Ir NMAE Dewi Wirastuti ST MSc PhD IPM.

Tercatat tiga narasumber yang hadir, yaitu: 1) Muhammad Fadly Suhendra dengan materi tentang ‘Program Akuisisi Pengetahuan Lokal: Penyediaan sumber Literasi akses terbuka’, 2) Dhevi EIR Mahelingga dengan materi tentang ‘Peningkatan Impact Factor Buku Ilmiah melalui OMP’; 3) Meita Safitri materi tentang ‘Peran media sosial dalam penyebaran publikasi ilmiah’. Acara sosialisasi berlangsung dengan dipandu oleh Ketua Pusat Penelitian Kebudayaan LPPM Unud Prof Dr I Nyoman Darma Putra MLitt.

Dalam sambutannya, Prof Suarsana menyampaikan bahwa buku menjadi salah satu luaran hibah penelitian dan pengabdian di samping luaran wajib yang berupa jurnal. Tapi dalam perkembangannya belum banyak luaran yang berupa buku baik buku ajar maupun buku referensi dan buku monograf yang dihasilkan dari hibah penelitian dan pengabdian di Unud.

Dengan adanya acara sosialisasi ini, para sivitas akademika Unud dapat memanfaatkan peluang dan insentif yang diberikan oleh BRIN, sehingga terdorong untuk mempersiapkan buku-buku yang sesuai dengan kriteria pemberian insentif penerbitan buku di BRIN, ujarnya.  (LE-DP)

Lenteraesai.id