judul gambar
DenpasarHeadlines

Kopitu Usulkan UKM Masuk Bagian Engagement Group di Presidensi Indonesia G-20

Denpasar, LenteraEsai.id – Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (Kopitu) mengadakan Webinar melalui zoom dengan tema SMEs 20 mengusung tema ‘Manfaat Keketuaan Indonesia Pada G-20 Bagi UKM’.

Webinar ini dihadiri oleh Sudaryomo Hartosudarmo, Duta Besar LBBP RI untuk Brazil 2010-2015, dan Nyoman Adhiarna, Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo, dengan menampilkan moderatori Ketua Umum Kopitu Yoyok Pitoyo.

Dalam kesempatan itu Sudaryomo Hartosudarmo menyampaikan paparan tentang pengenalan Presidensi Indonesia dalam G20 serta manfaatnya untuk UKM di tanah air.

Sementara Ketua Umum Kopitu ingin menegaskan dan meyakini bahwa UKM bisa mengambil peranan penting dan harus bisa menjadi Engagement Group SMEs20 dan terbentuknya Policy Paper, mengingat pada situasi pandemi Covid 19 ini, UKM-lah yang banyak mengambil peranan penting pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal tersebut sangat didukung oleh Sudaryomo yang siap mengawal ide UKM masuk bagian Engagement Group Presidensi Indonesia di G-20.

Sejalan dengan paparan Sudaryomo, Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo juga memberikan pengenalan dan manfaat yang bisa diambil oleh UKM serta siap mengawal masalah-masalah UKM terkait digitalisasi dan bank data UKM yang banyak disalahgunakan. Didukung oleh Kominfo yang sedang merancang hukum perlindungan data UKM.

Tentunya UKM tidak boleh dipandang sebelah mata dan harus bisa mengambil peran dalam Presidensi Indonesia pada G20 tahun 2022.

“Sebagai salah satu penggerak utama perekonomian kususnya di Indonesia, UKM tentunya harus mengambil momentum pada kesempatan emas yang tidak terulang di 20 thn lagi. Untuk itu Indonesia mempunyai hak mengusulkan adanya SMEs 20 pada Engagement Group hingga bisa terbentuknya Policy Paper. Sehingga di tahun depan bisa dirasakan manfaatnya secara konkret bagi semua UKM anggota G-20,” ujar Yoyok Pitoyo selaku Ketua Umum Kopitu, menandaskan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id