judul gambar
AdvertorialDenpasarHeadlines

Hari AIDS, Wagub Cok Ace Ajak Masyarakat Bangun Kesadaran Bersama Perangi AIDS

Denpasar, LenteraEsai.id – Memperingat Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember, Wakil Gubernur Bali Prof Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengajak seluruh masyarakat untuk membangun kesadaran bersama dalam memerangi AIDS.

Hal tersebut disampaikan Wagub Bali dalam wawancaranya seusai melaksanakan kunjungan ke Kantor Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali di Jalan Melati Denpasar, Rabu (1/12).

Wagub Bali yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya menyampaikan bahwasannya di tengah tengah pandemi Covid-19 kelihatannya jumlah penderita AIDS relatif mengalami penurunan, di mana hal ini mengindikasikan tumbuhnya suatu kesadaran di masyarakat untuk bersama menjauhi faktor resiko penularan AIDS.

Wagub berharap, saat pandemi Covid-19 selesai, jumlah penderita AIDS juga terus menurun. Penurunan kasus AIDS di tengah masyarakat selain disebabkan tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk menghindari faktor resiko dan menjalani pola hidup sehat, juga disebabkan adanya perubahan pola pikir atau stigma masyarakat terhadap para penderita AIDS sehingga kesadaran masyarakat yang terinfeksi untuk berobat tinggi serta yang rentan beresiko memeriksakan dirinya sedini mungkin.

“Kesadaran serta pemahaman masyarakat terhadap AIDS terus meningkat, penderita tidak lagi dikucilkan ataupun didiskriminasi di tengah masyarakat, di samping itu kemajuan teknologi dan pengobatan yang terus berkembang membuat masyarakat dengan kesadaran sendiri untuk berobat, saya harap kedepan kasus AIDS akan terus menurun seiring peningkatan kesadaran dari masyarakat, “ imbuhnya.

Sementara itu Kepala Sekretariat KPA Provinsi Bali AA Ngurah Patria Nugraha menyampaikan bahwasannya di tengah pandemi Covid-19 saat ini pihaknya tetap melakukan sosialisasi terkait HIV AIDS di tengah masyarakat baik melalui webinar maupun media online. Dengan demikian diharapkan kasus AIDS di Provinsi Bali khususnya, terus menurun dan kesehatan masyarakat meningkat. (LE-DP1)

Lenteraesai.id