judul gambar
HeadlinesJakarta

Dua Korban Tanah Longsor di Kabupaten Bandung Dirujuk ke RS Soreang

Bandung, LenteraEsai.id – Seorang warga meninggal dunia dan dua lainnya lolos dari maut akibat terjangan tanah longsor di wilayah Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Minggu (28/11) menyampaikan, terdapat seorang meninggal dunia dan dua warga mengalami luka-luka setelah ‘diseruduk’ tanah longsor. Keduanya kini telah dirujuk dan mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Soreang.

Bencana tersebut terjadi pascahujan turun dengan intensitas tinggi pada Sabtu (27/11) siang sekitar pukul 13.00 WIB. Dikarenakan struktur tanah yang labil, mengakibatkan longsor pada malam harinya sekitar pukul 21.15 WIB.

Peristiwa yang merenggut korban jiwa dan dua lainnya mengalami luka-luka itu menimpa rumah penduduk di Desa Cukang Genteng, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Badung. Terdapat satu rumah warga yang mengalami rusak berat akibat tertimpa material longsoran.

BPBD Kabupaten Bandung bersama tim gabungan dari unsur TNI, Polri, Pramuka Peduli, PMI, Dinsos, RAPI dan masyarakat setempat, terjun langsung memberikan penanganan darurat, termasuk menyerahkan bantuan logistik bagi warga terdampak.

Mengenai proses pencarian korban yang dilakukan sejak malam hari itu, pada Minggu siang dihentikan setelah petugas gabungan mendapatkan informasikan tidak ada lagi warga yang dinyatakan hilang.

Pantauan terkini di lapangan, cuaca masih turun hujan dengan intensitas ringan di kawasan lokasi kejadain dan beberapa daerah lain di Kabupaten Bandung.

Berdasarkan informasi PVMBG mengenai potensi bencana pergerakan tanah di wilayah Kabupaten Bandung khususnya Kecamatan Pasar Jambu, untuk bulan November ini memiliki tingkat potensi dengan kategori menengah hingga tinggi.

Oleh karena itu, BNPB mengimbau warga masyarakat untuk tidak bermukim di bawah lereng bukit. Sementara itu, diperlukan mitigasi berbasis vegetasi dengan menanam pohon seperti akar wangi untuk mengikat struktur tanah dan antisipasi ancaman tanah longsor. (LE-JK)

Lenteraesai.id