judul gambar
DenpasarHeadlines

Wawali Hadiri Peringatan HUT ke-71 IDI Denpasar, Tegaskan Peran Tenaga Medis Terkait Covid-19

Denpasar, LenteraEsai.id – Peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Denpasar dilaksanakan pada Minggu (14/11) di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA), Denpasar.

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid atau perpaduan online dan offline.
Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa bersama Sekretaris IDI Wilayah Bali Dr dr I Made Sudarmaja Mkes, didampingi oleh Ketua IDI Kota Denpasar dr Ketut Widiyasa MPH dan Kadis Kesehatan Kota Denpasar dr Luh Putu Sri Armini serta perwakilan IDI Provinsi Bali dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan FKIK Universitas Warmadewa.

Wakil Wali Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa dalam sambutannya mewakili Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara mengatakan, tenaga medis sebagai garda terdepan diharapakan tetap berkontribusi maksimal sebagai pejuang kemanusiaan dan kebangsaan.

“Jati diri dokter diimplementasikan kepada mengabdikan keahlian di ilmu kedokteran untuk menolong masyarakat menyelesaikan masalah kesehatan. Perjuangan kita menanggulani Covid-19 di Kota Denpasar dan keadaan saat ini semakin baik dan angka kasus semakin melandai. Selain itu mutu kualitas dokter juga harus ditingkatkan terkait dengan budaya tiap daerah sangat erat kaitannya dengan konsep Tri Hita Karana yakni konsep budaya Bali juga peran kualitas layanan tenaga medis sangat diharapakan menjelang dibukanya layanan kesehatan internasional di Bali,” kata Wawali Arya Wibawa.

Lebih lanjut dia mengajak kepada para medis termasuk dokter untuk terus mendedikasikan ilmu untuk menolong dan membantu sesama khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat.

Sementara Ketua IDI Cabang Kota Denpasar dr Ketut Widiyasa MPH mengatakan, serangkaian HUT ke-71 IDI dilaksanakan sejumlah kegiatan seperti bakti sosial kesehatan serta kunjungan ke pinisepuh IDI Denpasar. Selain itu juga digelar webinar nasional bertema ‘Kesiapsediaan Tenaga Medis Menghadapi Dibukanya Layanan Kesehatan Internasional di Bali’.

“Dalam peringatan HUT ke-71 IDI tahun ini juga diserahkan sebanyak empat penghargaan kepada insan-insan yang telah berkontribusi besar terhadap penanganan Covid-19 di Kota Denpasar. Salah satu penghargaan ditujukan kepada Pemerintah Kota Denpasar,” kata Widiyasa.

Selain itu juga diserahkan penghargaan dari Presiden RI kepada keluarga alm dr Nyoman Suteja yang merupakan mantan Kadis Kesehatan Provinsi Bali dan terakhir menjabat Direktur Puri Raharja atas kontribusi di bidang kesehatan di Bali.

Lebih lanjut dikatakannya, harapan ke depan IDI Kota Denpasar, semua kalangan di Indonesia khususnya Bali dapat sepenuhya bangkit dari keterpurukan selama pandemi. “Semua dapat dijalankan dengan bersatu bergandengan tangan lintas sektor mengatasi pandemi ini,” ujarnya.  (LE-DP)

Lenteraesai.id