BulelengHeadlines

Atraksi Barong Meriahkan Peringatan Sumpah Pemuda di Denpasar

Denpasar, LenteraEsai.id – Spirit Sumpah Pemuda dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, yang antara lain diwujudkan dengan mempertunjukkan berbagai kreasi atau atraksi sesuai kearifan lokal masing-masing.

Kali ini, Pemkot Denpasar menggelar Ragam Kreasi dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 yang dirangkaikan dengan D’Youth Fest 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan memadukan kreativitas anak muda Denpasar ini dikemas dengan sajian beragam kolaborasi dan kreasi seni, di kawasan Taman Inspirasi Muntig Sioka Sanur, Kamis (28/10).

Kegiatan tampak dihadiri Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Dandim 1611 Badung Kolonel Inf Made Alit Yudana, Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar I Wayan Mariyana Wandhira, Ketua Komisi II DPRD Kota Denpasar I Wayan Suadi Putra, Forkopimda Kota Denpasar, istri Wakil Wali Kota Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa dan istri Sekda Kota Denpasar Ny Widnyani Wiradana.

Diawali dengan penampilan Gong Suling Sundaram, beragam kolaborasi seni dipentaskan, meliputi Palawara Music Company, Bali Drum Holic, Sanggar Kubu Barong, The Small Axe dan Gus Agung Gotama yang sukses tampil apik dalam Ragam Kreasi Sumpah Pemuda yang mengangkat tema ‘Bersatu, Bangkit dan Tumbuh’.

Pada kesempatan itu turut dikumandangkan Ikrar Sumpah Pemuda di tengah pertunjukan. Wali Kota Jaya Negara juga turut menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada pemuda Kota Denpasar yang terdampak pandemi Covid-19.

Wali Kota Denpasar Jaya Negara didampingi Wakil Wali Kota Denpasar Agus Arya Wibawa di sela kegiatan mengatakan, Sumpah Pemuda merupakan momentum besar bagi generasi muda. Di mana, momentum ini menjadi spirit untuk membangkitkan kembali kreativitas anak muda Kota Denpasar.

Sebagai Wali Kota, Jaya Negara mengaku bangga dengan kreativitas anak muda di Kota Denpasar yang tak pernah padam, meski di masa pandemi. Beragam kreativitas dan inovasi membawa anak muda terus berkreasi dan berkolaborasi untuk menembus keterbatasan yang ada.

“Tentu kami berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum membangkitkan kreativitas anak muda Kota Denpasar. Sepirit dan semangat Sumpah Pemuda harus kita jaga bersama sebagai landasan bahwa perjuangan belum selesai, dan ini juga menjadi momentum pemulihan ekonomi lewat program padat karya berbasis seni,” ujar Jaya Negara

Sementara, Kadis Pariwisata Kota Denpasar MA Dezire Mulyani didampingi Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf I Wayan Hendaryana mengatakan, peringatan Sumpah Pemuda ke-93 di Kota Denpasar dilaksanakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini merupakan momentum sekaligus memberikan wadah kreativitas dan kolaborasi bagi anak muda Kota Denpasar.

“Jadi peringatan Sumpah Pemuda tahun ini momentum kreativitas dan kolaborasi anak muda untuk terus aktif meski di masa pandemi, serta memberikan ruang kreasi untuk mendukung program padat karya pemulihan ekonomi berbasis seni,” ujarnya. (LE-DP)

Lenteraesai.id