judul gambar
HeadlinesKarangasem

STKIP Agama Hindu Amlapura Bersihkan Sampah Plastik di Pura Gumang

Karangasem, LenteraEsai.id – Dalam rangka merayakan Dies Natalis yang ke-35 sekaligus memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Agama Hindu Amlapura melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah di sepanjang areal Pura Gumang, Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem, Jumat (1/10/2021).

Pembimbing Akademik (PA) di Kelas Eksekutif Prodi Agama Hindu sekaligus Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STKIP Agama Hindu Amlapura I Komang Badra mengatakan, kegiatan bersih-bersih yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) itu, diikuti oleh perwakilan HMP, penerima KIP Kuliah dan perwakilan masing-masing kelas yang ada di STKIP Agama Hindu Amlapura.

Terpilihnya Pura Gumang dalam kegiatan bersih-bersih sampah tersebut karena di sana saat ini sedang ada karya (aci), sehingga banyak umat yang tangkil tentunya ada yang makan dan minum dengan menyisakan sampah plastik yang berserakan di sepanjang areal pura.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merayakan Dies Natalis STKIP Agama Hindu Amlapura yang ke-35 sekaligus merayakan Hari Kesaktian Pancasila yang kita kemas dalam bentuk membersihkan kawasan suci pura dari polusi sampah plastik,” kata Komang Badra, menjelaskan.

Untuk ke depannya, Komang Badra berharap para umat atau pemedek yang pedek tangkil atau ngaturang bakti ke Pura Gumang dan juga ke pura-pura yang lainnya, hendaknya tidak membuang sampah plastik sembarangan di kawasan suci pura.

“Untuk para pemedek ke depannya, saya harap ketika makan dan minum serta yang lainnya agar membawa sampahnya turun ke bawah dan membuangnya pada tempat sampah yang sudah disediakan, sehingga kesucian pura tetap terjaga,” ujar Komang Badra, mengharapkan.

Komang Badra mengatakan bahwa kegiatan ngayah tidak hanya dengan cara ngaturang bakti ke pura, tetapi sambil membersihkan lingkungan juga bisa sebagai aplikasi dari ajaran Tri Hita Karana.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id