HeadlinesJakarta

Kodam IX/Udayana Laksanakan Vaksinasi Rekreasi terkait Giat ‘Serbuan Vaksinasi’

Jakarta, LenteraEsai.id – Giat ‘Serbuan Vaksinasi’ yang dilaksanakan pada Sabtu (26/6/2021) di seluruh Indonesia, mendapat respon yang tinggi dari masyarakat di berbagai daerah, terbukti mereka berbondong-bondong datang ke lokasi kegiatan untuk disuntik vaksin Covid-19.

Dalam kegiatan ‘Serbuan Vaksinasi’ yang ditinjau langsung oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo bertempat di GBK Jakarta itu juga ditayangkan melalui vidcon ke seluruh Indonesia. Di mana Presiden Jokowi pada intinya mengatakan kegiatan ini menunjukkan antusias masyarakat untuk sehat sangat tinggi. Terbukti mereks datang berbondong-bondong untuk divaksin.

Pada jajaran TNI dan Polri, Kodam, Polda agar bersama-sama dengan Pemda ikut mendisiplinkan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan utamanya memakai masker dan menjaga jarak, ujar Presiden.

Selanjutnya, saat Presiden menyapa kegiatan di wilayah Bali melalui vidcon, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak MSc melaporkan bahwa Kodam IX/Udayana yang meliputi Bali, NTB dan NTT dalam penerimaan vaksin masih kurang, karena dari pemerintah provinsi juga melaksanakan sudah baik dan dari kepolisian pun melaksanakan dengan baik. Jadi sampai sekarang kalau kita menargetkan sekian ribu selalu habis.

Lebih lanjut Presiden menanyakan, seandainya didistribusikan sebanyak dua kali lipat apa bisa dihabiskan. Pangdam menjawab, “Kami sanggup, karena kami juga melakukan vaksinasi lebih dominan di daerah-daerah yang tidak terjangkau dan kami juga punya 9 Denkes di Bali, NTB dan NTT. Sehingga masyarakat yang di pinggir bisa kami jangkau,” kata Pangdam.

Serbuan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Kodam IX/Udayana, selain dipusatkan di Lapangan Tenis Indoor Praja Raksaka Kepaon, Denpasar, juga dilaksanakan secara bersamaan di wilayah jajaran seperti di Korem 161/WS (NTT), Korem 162/WB (NTB) dan Korem 163/WSA (Bali).

Saat berada di Lapangan Tenis Indoor Praja Raksaka Kepaon. Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr I Made Mardika SpPD MARS, mengatakan bahwa di sini target vaksin pada hari ini sebanyak 1.000 sasaran dengan 7 tim vaksinator.

Serbuan vaksinasi yang di Denpasar ini ada yang berbeda yaitu kegiatan vaksinasi dan rekreasi dengan naik Tank/Panser dan berenang gratis, tetapi tetap berpedoman pada protokol kesehatan. Ini adalah inisiatif dari Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan kegiatan ini bisa juga untuk meningkatkan imunitas dalam tubuh.

Rekreasi naik Tank/Panser dan berenang ini dilaksanakan khususnya untuk anak-anak yatim dan juga bagi paserta vaksinasi yang sudah di-screning dalam keadaan sehat dan tidak komorbid.

“Untuk di Bali, selain dipusatkan di sini, Kodam IX/Udayana juga menggelar serbuan vaksinasi dari beberapa waktu lalu di Kodim-kodim seperti saat ini dilaksanakan di wilayah Kodim 1609/Buleleng, Kodim 1616/Gianyar, Kodim 1619/Tabanan dan Kodim 1617/Jembrana dengan melibatkan vaksinator dari TNI, Polri dan Dinas Kesehatan,” ujar Kakesdam.  (LE-JK)

Lenteraesai.id