judul gambar
HeadlinesKarangasem

Tidak Punya Tangan, Wayan Biket Pantang Menyerah Jalani Hidup

Karangasem, LenteraEsai.id – Pantang menyerah meski hidup dengan kekurangan fisik, mungkin itulah kata yang pantas untuk menggambarkan seorang perempuan bernama Ni Wayan Biket (34) asal Banjar Dinas Bau Kawan, Desa Nawakerti, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

Hal tersebut karena selama ini, Wayan Biket melakukan segala aktivitasnya hanya menggunakan kedua kakinya, karena ia sama sekali tidak punya tangan. Hal yang mungkin sulit bagi kebanyakan orang normal lainnya, tapi tidak bagi perempuan yang satu ini.

Wayan Biket kini hanya tinggal berdua bersama dengan ibu kandungnya di lingkungan keluarga besarnya di Abang. Ia diketahui tidak pernah mengeluh apalagi menyerah dengan keadaan, bahkan dengan kondisinya tersebut ia sering membantu ibu dan keluarganya untuk melakukan aktivitas yang ia bisa, seperti mencuci piring dan yang lainnya yang bisa dikerjakan dengan menggunakan kedua kakinya.

Jauh sebelumnya, Wayan Biket sebenarnya pernah tinggal di Kabupaten Gianyar tepatnya di Ubud. Ia tinggal di sebuah yayasan kemanusiaan yang khusus untuk para kaum disabilitas. 

Saat di yayasan tersebut Wayan Biket juga sambil bekerja sebagai tenaga merawat kebun dengan mendapatkan gaji sebesar Rp300 ribu per bulan dan mendapatkan makan secara gratis setiap hari selama tinggal di sana.

Tapi, sekitar dua bulan yang lalu atas inisiatifnya sendiri, Wayan Biket memohon untuk kembali pulang dan minta untuk diadakan penggalangan dana untuk membangun rumah toko sembako di tanah kelahirannya.

Terkait dengan hal tersebut, Yayasan Kita Peduli yang beralamat di Banjar Dinas Seloni, Desa Culik, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem bekerja sama dengan kitabisa.com untuk dapat mewujudkan cita-cita dari Wayan Biket membangun sebuah rumah toko sembako.

“Rencananya rumah toko sembako tersebut dibangun dengan ukuran 7×5 meter lengkap dengan kamar mandi dan dapur,” kata Ketua Yayasan Kita Peduli Ketut Suardana, Senin (21/6).

Untuk para donatur yang ingin membantu dan menolong Ni Wayan Biket untuk segera mewujudkan cita-cita nya baik berupa dana maupun bahan bangunan bisa menghubungi Yayasan Kita Peduli atau di nomor WA 081916254990 atas nama Ketut Suardana. (LE-Jun)

Lenteraesai.id