DenpasarGianyar

Wali Kota Denpasar Serahkan Penghargaan Lomba Kartun dan Baca Puisi ‘Bulan Bung Karno’

Denpasar, LenteraEsai.id – Berbagai agenda perlombaan mengisi peringatan Bulan Bung Karno III Provinsi Bali di Kota Denpasar. Pada Jumat (11/6/2021) dilaksanakan lomba menggambar kartun Bung Karno dan membaca puisi.

Perwakilan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan berpakaian merah putih bersama para guru mereka, ambil bagian memeriahkan kegiatan tersebut dengan menabuh alunan alat musik marching band.

Kegiatan yang berlangsung di Dharma Negara Alaya ini tetap dalam pelaksanaan prokes, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Wali Kota I Kadek Agus Arya Wibawa dan Pj Sekda I Made Toya, tampak menghadiri kegiatan perlombaan. Selain itu, terlihat pula Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara dan istri Wakil Wali Kota Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa guna memberikan semangat kepada para siswa peserta lomba.

Di sela-sela menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba, Wali Kota Jaya Negara mengucapkan selamat kepada para siswa pemenang perlombaan. “Terima kasih atas partisipasi para siswa sekolah yang dengan semangat mengikuti lomba,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan, meskipun dalam masa pandemi Covid-19 dengan segala keterbatasan dalam pelaksnaan, namun perlombaan terkait peringatan Bulan Bung Karno III kali ini, dapat menyelaraskan tema peringatan yakni Prana Bhuwana yang artinya Pohon Sebagai Nafas Bumi.

Hal ini dilaksanakan dalam kebersamaan dengan keterlibatan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Denpasar, Dinas Sosial, Dinas Perikanan dan Katahanan Pangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, TP PKK Denpasar, Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Denpasar, Forum Anak Denpasar, serta pihak CSR yang turut terlibat, mulai dari gelaran kegiatan lomba kreativitas hingga kegiatan sosial yang diharapkan dapat dirasakan masyarakat dalam situasi pandemi saat ini, ucapnya.

Sementara Ketua TP PKK Ny Sagung Antari Jaya Negara menyampaikan, kebersamaan dalam peringatan Bulan Bung Karno dengan harapan dapat berdedikasi dalam semangat dan inspirasi perjuangan Bung Karno untuk Bangsa Indonesia, laksana keberadaan pohon bagi kehidupan yang sesuai dengan tema peringatan tahun ini.

Dijelaskan bahwa pelaksanaan berbagai kegiatan bersama OPD terkait yakni pelaksanaan lomba, melibatkan siswa sekolah mulai dari lomba baca puisi hingga lomba serta workshop kartun Bung Karno. “Kami berharap siswa sekolah sejak dini dapat meningkatkan rasa nasionalisme dari sosok Bung Karno sebagai Bapak Bangsa dan Presiden pertama RI,” ujarnya.

Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan yakni penyerahan bantuan sayur kepada Veteran, penyerahan bantuan kursi roda, sosialisasi produk dan dukungan untuk UMKM, road show bhakti sosial, donor darah, seminar, memaknai dan mengkontekstualisasi ajaran Tri Sakti Bung Karno dan penanaman pohon.

Selain itu juga turut digelar berbagai lomba, mulai dari lomba vlog sampai mencipta lagu, lomba pidato, lomba membaca puisi, dan lomba yel-yel.  (LE-DP)

Lenteraesai.id