judul gambar
DenpasarHeadlines

Pascaarus Balik Lebaran, Pemkot Denpasar Gencarkan Sidak Masalah Kependudukan

Denpasar, LenteraEsai.id – Guna menciptakan tertib administrasi kependudukan pascaarus balik pemudik lebaran tahun ini, Kecamatan Denpasar Utara melaksanakan sidak administrasi dan pendataan kepada penduduk pendatang non permanen.

Pendataan yang juga dimaksudkan sebagai langkah antisipasi adanya klaster-klaster baru penyebaran Virus Corona, pada Sabtu (29/5)  dilaksanakan di wilayah Banjar Pemangkalan, Desa Ubung Kaja, Kota Denpasar.

Camat Denpasar Utara Nyoman Lodera yang memimpin sidak saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, yakni pancaarus balik lebaran yang umumnya diwarnai dengan cukup banyak pendatang yang masuk ke Wilayah Kota Denpasar.

Pada pelaksanaan sidak kali ini, kata dia, pihaknya bersama TNI, Polri, Linmas, Pecalang dan tim desa, menyisir seluruh lingkungan Banjar Pemangkalan.

“Kami menyasar penduduk pendatang non permanen yang belum mentaati administrasi kependudukan di wilayahnya. Selain itu kami juga mengedukasi dan mensosialisasikan terkait pelaksanaan prokes kepada masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Lodera mengatakan, adapun hasil dari sidak tersebut terdapat sebanyak 61 orang penduduk pendatang, semuanya merupakan penduduk dari luar Bali, di mana laki-laki sebanyak 49 dan perempuan 12 orang.

Selanjutnya untuk penduduk yang terjaring tersebut, petugas memberikan pembinaan terkait aturan kependudukan seperti wajib lapor, melengkapi diri dengan identitas, serta wajib mentaati protokol kesehatan.

“Kami berharap dengan dilaksanakan pendataan ini dapat lebih meningkatkan keamanan serta kenyamanan masyarakat, khususnya dalam situasi pandemik saat ini,” ujar Camat Lodera sembari menambahkan, sidak juga dimaksudkan untuk menekan adanya klaster baru penyebaran Covid-19 di masyarakat.  (LE-DP)

Lenteraesai.id