judul gambar
HeadlinesJakarta

Kadin Bali Terima Kunjungan Konsul Jenderal Jepang Untuk Bali

Denpasar, LenteraEsai.id – Kadin Bali menerima kunjungan Ms Katsumata Harumi, Consulate General of Japan, di Kantor Kadin Bali Jalan Mawar No 3 Denpasar pada Jumat (5/3).

Kunjungan Harumi diterima langsung Ketua Umum Kadin Bali Made Ariandi yang didampingi Wakil Ketua Umum Bidang Akomodasi dan Pengembangan Pariwisata Dr (C) I Made Ramia Adnyana SE MM, Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Agus Maha Usadha, dan Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Potensi Daerah Parwata Kantiana.

Adapun tujuan kunjungan Ms Katsumata Harumi ke Kadin Bali dalam rangka mendapatkan informasi terkini kondisi Bali selama pandemik Covid-19 serta ingin mengetahui langkah strategis Kadin Bali ke depan.

Ms Katsumata Harumi yang baru bertugas selama dua bulan di Bali ingin mengetahui berbagai informasi terkait pariwisata terutama terkait pembukaan border untuk wisatawan ke Bali karena banyak ditanyakan oleh Travel Agent Jepang yang ada di Bali. Juga menjajagi berbagai potensi ekonomi yang bisa dikerjasamakan ke depannya antara Kadin Bali dan para pengusaha di Jepang yang sudah berjalan dengan baik selama ini.

Ketum Kadin Bali Made Ariandi menyampaikan beberapa potensi untuk perdagangan, pariwisata, hortikultura, ekspor perikanan dan kerajinan yang dimiliki Bali. Serta mengajak Consulate General of Japan untuk bekerja sama dalam membangkitkan kembali pariwisata Bali, sebab pasar Jepang merupakan pasar utama bagi Bali di tahun 2000-an dan ingin mengembalikan kejayaan pasar Jepang tersebut mengingat wisatawan Jepang sangat menyukai adat dan budaya Bali.

Dengan adanya dukungan pesawat kargo Garuda Indonesia yang akan mulai digunakan pada waktu dekat, Ketua Umum Kadin Bali mendorong agar segera bisa bekerja sama untuk menangkap peluang perdagangan ke Jepang.

Di akhir pertemuan, Ms Katsumata Harumi berjanji akan melaporkan hasil pertemuan ke Dubes Jepang di Jakarta dan Pemerintah Jepang, serta akan menindaklanjuti dengan pertemuan berikutnya dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Pada kesempatan ini Ketum Kadin Bali memberikan cenderamata berupa outer berbahan kain tenun endek buatan UMKM Bali yang langsung di kenakan saat itu juga Oleh Ms Katsumata Harumi, Consulate General of Japan. Ini merupakan salah satu langkah nyata gerakan Kadin Bali untuk mensosialisasikan Surat Edaran (SE) Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tradisional Bali, untuk dapat di gunakan setiap hari Selasa.  (LE-DP)

Lenteraesai.id