judul gambar
GianyarHeadlines

Polsek Ubud Bongkar Sindikat Pencuri Sepeda Motor dengan Meringkus 4 Tersangka Pelakunya

Gianyar, LenteraEsai.id – Unit Reskrim Polsek Ubud berhasil mengungkap sindikat pencuri kendaraan bermotor dengan meringkus 4 tersangka plakunya. Pengungkapan berawal dari kasus pencurian sepeda motor yang sedang diparkir dengan kunci masih nyantol di Jalan Dewi Sita Kelurahan dan Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.

Sepeda motor N-Max bernomor pilisi DK-8831-LZ milik korban Ni Nyoman Sukriani, dilaporkan hilang dari tempat parkir di Jalan Dewi Sita pada 25 Oktober 2020 lalu.

Polisi yang kemudian melakukan penyelidikan, akhirnya berhasil menangkap pelaku pencurinya, yakni I Nyoman Suadnyana alias Komang, warga asal Banjar Dinas Kalanganyar, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.

Namun demikian, pelaku berhasil diringkus petugas di tempat tinggalnya selama ini, yaitu di Jalan Nangka Selatan, Gang Garuda Nomor 22, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, kata Kapolsek Ubud AKP Gede Sudyatmaja SH MH kepada pers di Ubud, Jumat (5/3).

Didampingi Kasubag Humas Polres Gianyar Iptu I Nyoman Hendrajaya, Kanit Reskrim Polsek Ubud Iptu Wayan Gede Mudana SH MH dan Panit 1 Reskrim Polsek Ubud Titan Kurniawan STrK, Kapolsek mengungkapkan, setelah dilakukan introgasi, pelaku mengakui telah mengambil sepeda motor tersebut bersama temannya atas nama Dewa Made Sujana Alias Dewa Sambrong yang beralamat di Link Ubud Kelod, Kelurahan Ubud.

Selain mengambil sepeda motor milik korban Ni Nyoman Sukriani, pelaku Dewa Sambrong juga pernah mencuri sepeda motor merek Scopy dengan nopol DK-5696-ACH yang diparkir di pinggir jalan di Kecamatan Tampaksiring.

Datri hasil introgasi oleh Unit Opsnal Reskrim Polsek Ubud itu juga, kata Kapolsek, terungkap bahwa pelaku Nyoman Suadnyana telah menjual sepeda motor N-Max hasil curiannya kepada I Ketut Dana alias Made.

Oleh Ketut Dana sepeda motor dijual kembali kepada Ali Pusdia alias Ali, kemudian kembali dijual kepada orang tidak dikenal yang diduga berasal dari daerah Bima, NTB. Dari hasil pengembangan, Ketut Dena juga pernah mengambil 1 unit sepada motor merek Scoopy Nopol DK-2292-TP di wilayah Pacung Bitre, Kabupaten Gianyar.

Atas kasus ini, Unit Reskrim Polsek Ubud mengamankan barang bukti sebuah BPKB dari sepeda montor N-Max DK-8831-LZ, satu unit sepeda motor merk Yamaha Jupiter Nopol DK 3404 AX yang digunakan Ketut Dena dan Ali untuk membeli kendaraan sepeda motor curian di jalan Pantai Siut, Desa Telikup, Kabupaten Gianyar.

Dari hasil kejahatan yang dilakukan oleh pelaku, korban Ni Nyoman Sukriani mengalami kerugian sebesar Rp 29.600.000, dan atas tindakannya, pelaku Nyoman Suadnyana dan Dewa Made Sujana alias Dewa Sambrong, dijerat dengan pasal 363 ayat (1) dengan ancaman pidana penjara tujuh tahun.

Sementara tersangka Ketut Dena alias Made dan Ali Pusdia alias Ali, dijerat pasal 480 KUHP dengan ancaman pidana 4 tahun penjara, ucapnya.

Saat ini tiga pelaku ditahan di ruang tahanan Polsek Ubud untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut, dan satu pelaku atas nama Dewa Made Sujana alias Dewa Sambrong, ditahan di ruang tahanan Polsek Sukawati atas dugaan kasus lainnya.  (LE-GN)

Lenteraesai.id