judul gambar
DenpasarHeadlines

Denpasar Tambah Armada Tangki Air, Maksimalkan Distribusi ke Wilayah Gangguan

Denpasar, LenteraEsai.id – Distribusi air dari Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar bagi masyarakat yang mengalami gangguan pasokan air,  belakangan ini sangat dirasakan warga Kota Denpasar di beberapa wilayah.

Karenanya, Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara bersama anggota Komisi II DPRD Kota Denpasar, terjun langsung melakukan peninjauan kondisi lapangan di IPA Belusung, Peguyangan Kaja pada Rabu (10/2).

Rombongan Komisi II DPRD Kota Denpasar dipimpin Ketua Komisi, I Wayan Suadi Putra bersama beberapa anggota lainnya seperti Wayan Sutama, Komang Gede Sumara Putra, Oka Mahendra, Wayan Gatra, Ketut Beji dan Putu Mamas Lestari. Tampak hadir pula Dirut Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, IB Gede Arsana bersama jajaran direksi.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara menjelaskan bahwa kondisi cuaca saat ini memang membuat proses produksi mengalami gangguan. Hal ini lantaran terowongan air dan intake yang tertimbun pasir.

“Tadi kita bersama-sama Komisi II DPRD Kota Denpasar sudah menyaksikan langsung kendala di lapangan, sehingga kita sudah rancang kebijakan jangka pendek dan jangka menengah,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk jangka pendek sebagai upaya memenuhi kebutuhan pelanggan Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, maka distribusi air minum menggunakan mobil tangki akan digenjot.

“Untuk jangka pendek kami sudah intruksikan Direksi Perumda untuk menambah mobil tangki air, yang mulanya hanya 4 mobil tangki kini ditambah menjadi 10 tangki, sehingga kebutuhan pasokan air di masyarakat dapat dimaksimalkan,” ujarnya

Dirut Perumda Tirta Sewaka Dharma mengatakan bahwa seluruh petugas operasional sudah berupaya melaksanakan tugas siang dan malam. Namun hal ini lantaran faktor alam kondisi cuaca dengan hujan lebat serta pasir, membuat proses produksi menjadi terganggu.

“Jadi kami mohon permakluman. Jika cuaca bersahabat maka sesegera mungkin gangguan operasional pendistribusian air bersih bisa segera mengalir, serta sebagai upaya pelayanan jangka panjang akan dilaksanakan pembangunan kanal untuk memaksimalkan produksi air minum di IPA Belusung, termasuk pembangunan sumur bor dan reservoar yang terus digenjot,” katanya.

IB Gede Arsana memastikan bahwa buah pemikiran jangka pendek dari Wakil Wali Kota Denpasar dan Komisi II DPRD Kota Denpasar akan segera dilaksanakan.

“Terkait penambahan armada truk tangki sudah kami atensi, dan sore ini akan mulai beroperasi dengan sinergi lintas sektor. Jadi semoga dengan penambahan tangki air ini kebutuhan air di masyarakat dapat dipenuhi, dan jika cuaca stabil maka proses peoduksi segera dapat dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara Ketua Komisi II Wayan Suadi Putra meminta jajaran Perumda harus segera membuat terobosan baik yang bersifat jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. “Pelayanan masyarakat yang bersifat mendasar jangan sampai terhenti, harus punya perencanaan, inovasi dan solusi mengatasinya. Sekarang jaman sudah modern, kan bisa menggunakan teknologi,” kata Suadi Putra.

Selebihnya dia meminta jajaran direksi Perumda untuk jangka pendek ini kebutuhan air bersih ini harus segera teratasi dengan suplay melalui mobil tangki. “Kalau keterbatasan armada kan bisa dengan cara menyewa atau meminta bantuan ke intansi lain yang mempunyai armada mobil tangki,” katanya, menambahkan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id