DenpasarHeadlines

Dikhawatirkan Roboh Total, Pohon Waru di Subak Dalem Ditebang

Denpasar, LenteraEsai.id – Sebatang pohon waru yang telah berumur, tumbuh membentang di atas jalanan hingga mengganggu aktivitas keseharian warga di wilayah Jalan Subak Dalem, Desa Peguyangan Kangin, Kota Denpasar.

Melihat hal ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar secara cepat dan sigap mengantensi pohon waru yang rebah tersebut pada Selasa (2/2/2021). 

Perbekel Desa Peguyangan Kangin Wayan Susila yang dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya memohon bantuan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar untuk melakukan pemotongan pohon waru yang membentang di Jalan Subak Dalem. Menurutnya, pohon itu membentang di atas jalan dan sangat menanggu aktivitas warga dan keluar masuk kendaraan.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemotongan pohon dari bagian pangkalnya itu dilakukan karena ditakutkan akan roboh total, karena situasi saat ini musim hujan dan angin kencang. “Musim hujan dan angin kencang seperti saat ini, kami khawatirkan pohon itu tumbang menyeluruh. Karenanya, pohon harus kami tebang hingga pangkal batangnya,” ujar Susila.

Setelah diajukan surat pemohonan bantuan penebangan ke DLHK, kata Susila, DLHK langsung merespon secara cepat dan pagi tadi langsung di atensi. Atas respon cepat pihak DLHK, pihaknya mengucapkan terima kasih.

Susila mengaku bahwa pihaknya juga akan mengajukan permohonan penebangan pohon yang sudah tua lainnya, yang ada di wilayah Penguyangan Kangin agar tidak ada pohon roboh saat hujan yang bisa membahayakan masyarakat.

Tidak hanya itu, untuk ke depan pihak Desa Peguyangan Kangin akan membentuk sebuah Tim Respon Cepat Desa yang bertugas menangani berbagai musibah dan bencana alam yang ada di wilayahnya.

“Dengan adanya tim Respon Cepat ini nantinya, bisa lebih tanggap dalam merespon pengaduan yang datang dari masyarakat desa,” katanya, menjelaskan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id