judul gambar
DenpasarHeadlines

Update Covid-19 di Denpasar: Positif Bertambah 45 Orang, Sembuh 29 Pasien

Denpasar, LenteraEsai.id – Terjadi kecenderungan adanya tren yang berfluktuaktif dalam kasus penambahan angka positif dan sembuh Covid-19 di Kota Denpasar.

Pada Selasa (22/12) kasus sembuh Covid-19 di Kota Denpasar bertambah sebanyak 29 orang dan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah sebanyak 45 orang yang tersebar di 20 wilayah desa/kelurahan. 

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Denpasar GTPP Covid-19 Kota Denpasar, terjadi lonjakan kasus di lima wilayah desa/kelurahan. Yakni Kelurahan Sesetan yang mencatatkan penambahan kasus tertinggi dengan 9 kasus baru. Disusul Desa Kesiman Kertalangu dan Desa Dangin Puri Kangin yang mencatatkan penambahan sebanyak 4 orang. Kelurahan Panjer dan Desa Sunerta Kaja turut mencatatkan penambahan kasus sebanyak 3 orang.

Selain itu, sebanyak 7 desa/kelurahan mencatatkan penambahan kasus sebanyak 2 orang dan sebanyak 8 desa/kelurahan mencatatkan penambahan kasus sebanyak 1 orang. Sedangkan 23 desa/kelurahan lainnya nihil penambahan kasus baru.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 Kota Denpasar pada Selasa (22/12) menjelaskan bahwa kasus Covid-19 di Kota Denpasar masih terus mengalami pergerakan. Sehingga GTPP tetap memberikan perhatian serius bagi wilayah yang kasusnya yang cukup tinggi.

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian. Sehingga bagi desa/kelurahan yang mengalami lonjakan kasus akan mendapat perhatian serius GTPP Covid-19 Kota Denpasar lewat pendampingan yang dikoordinir oleh Camat. Hal ini dilaksanakan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan menggunakan mobil callling atau door to door, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu.

“Mari bersama-sama lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua klaster yakni klaster keluarga dan perjalanan dalam daerah masih mendominasi. Hal ini mengingat arus mobilitas di Denpasar sangat tinggi,” ujar Dewa Rai.

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa GTPP mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif tercatat 4.443 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 4.134 orang (93,05 persen), meninggal dunia sebanyak 98 orang (2,20 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 211 orang (4,75 persen).

Melihat perkembangan kasus ini, Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan Covid-19 tidak semakin meluas. “Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas. Selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan),” kata Dewa Rai.  (LE-DP)

Lenteraesai.id