judul gambar
BulelengHeadlines

Lihat Banyak Potensi Pariwisata, Dispar Buleleng Bangun Aplikasi ‘Visit North Bali’

Singaraja, LenteraEsai.id – Melihat sekian banyak potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Buleleng serta mengikuti dinamika perkembangan zaman yang beralih ke digital saat ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng membangun sebuah aplikasi yang diberi nama ‘Visit North Bali’.

Seizin Kepala Dinas, Kabid Pemasaran Dispar Kabupaten Buleleng Agus Widya Suputra, ditemui di ruang kerjanya di Singaraja, Jumat (15/3/2034), menyampaikan bahwa dalam aplikasi ini terdapat berbagai jenis informasi destinasi pariwisata, informasi hotel, aktivitas wisata, penyewaan mobil, manicure, produk ekonomi kreatif, rumah sakit, pasar serta pendukung lainnya dengan penggunaan sesimpel mungkin.

“Di sana interfacenya gampang yang traveloka, dan itu akan lebih mudah bagi para wisatawan khususnya yang akan datang ke wilayah Bali bagian utara untuk mencari informasi terkini terkait apa saja yang ada di Kabupaten Buleleng,” ucapnya.

Terkait fitur-fitur di dalam ‘Visit North Bali’, kata Kabid Agus Widya, terdapat rating yang akan diisi oleh pengunjung atau wisatawan itu sendiri, traffic pengunjung serta kolom komentar. Sehingga itu nantinya menjadi feedback bagi Dinas Pariwisata jika seandainya ratingnya kurang.

Untuk aplikasi ini, Dispar Kabupaten Buleleng sudah mensosialisasi dengan menggunakan beberapa skema seperti model iklan di Media Sosial (Medsos), tampilan di Videotron, dan jasa sosial manajemen yang akan mempromosikannya.

“Aplikasi ini masih progress update data. Astungkara pada saat HUT Kota Singaraja sudah bisa di-launching dan digunakan oleh masyarakat luas,” ujarnya, bersemangat.

Harapannya, lanjut Agus Widya, dengan adanya aplikasi ini bisa lebih memudahkan dan memberikan akses informasi kepada masyarakat, utamanya kepada wisatawan yang datang ke Kabupaten Buleleng untuk bagaimana mereka mudah mengakses informasi terkait kepariwisataan.

“Mudah-mudahan ini menjadi sebuah brand bagi Kabupaten Buleleng, bahwa kabupaten ini sudah mengadopsi digitalisasi dalam memberikan informasi kepada khalayak yang membutuhkan,” katanya, menyampaikan.

Pewarta: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id