BulelengHeadlines

Aksi ‘Wanaralaba’ Sentuh Ratusan Kera Liar di Sekitar Pura Agung Pulaki

Gerokgak, LenteraEsai.id – Polres Buleleng melaksanakan aksi ‘Wanaralaba’, yakni memberi makanan berupa buah-buahan kepada ratusan kera liar yang berada di sekitar Pura Agung Pulaki di Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Jumat (9/2/2024).

Aksi tersebut tampak dipimpin langsung Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi yang didampingi Kapolsek Gerokgak Kompol Gusti Nyoman Sudarsana dan para PJU Polres Buleleng.

Kera adalah hewan omnivora yang suka menyantap berbagai macam makanan. Tidak hanya pisang, kera juga makan kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian, hingga beberapa jenis masakan dari bahan daging dan telur, tergantung pada spesies monyet dan lokasi mereka tinggal. Terutama yang berada di sekitaran areal Pura Agung Pulaki, Gerokgak, diketahui kera pemakan segala.

Di tengah pelaksanaan Ops Mantap Brata Agung 2024, Kapolres Buleleng bersama para PJU menyempatkan diri untuk memberikan pakan kepada ratusan kera atau monyet, atau juga sering disebut wanara yang berada di sekitar areal Pura Agung Pulaki itu.

“Kegiatan ini merupakan wujud syukur dan terima kasih kepada Tuhan atas karuniaNya, sehingga kita bisa berbagi kepada semua ciptaanNya,” kata Kapolres Widwan Sutadi di sela-sela aksi ‘Wanaralaba’.

Sebelum aksi ‘Wanaralaba’ dilakukan, Polres Buleleng terlebih dahulu ‘matur piuning’ ke Dane Mangku yang berada di Pura Agung Pulaki agar  pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan lancar seperti yang diharapkan bersama.

Di akhir pelaksanaan ‘Wanaralaba’ atau pemberian makan kepada kera-kera yang ada di areal pura tersebut, Kapolres Buleleng bersama rombongan melakukan persembahyangan bersama, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan ‘Jumat Curhat’ di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak.

Pewarta: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id