HeadlinesNasional

Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Halmahera Barat, Seorang Petugas Menara Meninggal Dunia

Halmahera Barat, LenteraEsai.id – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 mengguncang wilayah Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, pada Rabu (22/11) siang pukul 11.48 waktu setempat.

Menurut data perekaman yang dirilis oleh BMKG, lokasi gempa berada di 68 kilometer barat laut Halmahera Barat, 86 kilometer barat laut Jailolo, 88 kilometer barat laut Halmahera Utara, dan 112 kilometer barat laut Ternate.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya deformasi batuan dalam slab Lempeng Laut Maluku (Intra-slab) yang tersubduksi ke bawah Pulau Halmahera.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini memiliki pergerakan mendatar naik (oblique thrust).

Keterangan menyebutkan gempa ini dirasakan di Halmahera Barat, Ternate, Halmahera Utara dengan intensitas III-IV pada Skala MMI, daerah Halmahera Timur hingga Pulau Morotai dengan intensitas III Skala MMI. Meski pusat gempa berada di laut, namun gempa ini tidak berpotensi tsunami (BMKG).

Laporan terkini yang disampaikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Halmahera Barat Ade Fabanyo, tercatat tidak ada korban jiwa maupun materi di wilayah Halmahera Barat dari peristiwa gempa ini, dan masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa pascagempa tersebut.

Sementara itu terdapat satu korban meninggal dunia di wilayah Kota Ternate, sebagai imbas dari terjadinya gempa tersebut. Korban yang meninggal dunia diketahui bernama M Danur Sahen (22) asal Makassar, seorang petugas yang sedang bekerja di atas menara atau tower di Jalan Mononutu, Kelurahan Stadion, Kota Ternate, Maluku Utara.

Bersamaan dengan bagian tower yang rontok akibat guncangan gempa, korban Danur Sahen terpelating dan jatuh hingga menghembuskan napas yang terakhir. Pihak BPBD dan petugas gabungan setempat kini masih melakukan pendataan dan penanganan seperlunya di lokasi yang terdampak.

Pewarta: Lauda Hamida
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id